Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

11 November 2018

Pemalakan Meresahkan Warga Sekolah (Contoh Teks Eksposisi)


Pemalakan Meresahkan
Warga Sekolah


Pemalakan adalah satu tindakan kriminal yang merugikan orang lain dengan cara paksa. Bahasa lainya adalah NARGET,MAJEG  hal ini sudah sering terjadi diberbagai tempat terutama di  kota-kota besar,tempat umum,lingkungan sekolah bahkan hal ini juga terjadi di lingkungan pesantren.






Pemalakan terjadi pada Maret 2010 silam pada siswa sekolah dasar di Dupak Masigit Surabaya, Jawa Timur dengan pelaku berinisial AN dan MR. Pemalakan ini disebabkan si pelaku menginginkan uang saku lebih. Pemalakan tersebut disertai pemukulan yang menyebabkan sang pelaku berujung menjalani sidang di Pengadilan Negeri Surabaya.

Kasus pemalakan ini juga dialami oleh 3 orang berinisial AK,DF,dan MA yang merupakan siswa SMP PJ di Buaran,wilayah kota Bekasi,Jawa Barat yang terjadi Sabtu (30/1/2016) lalu. Lagi lagi kasus ini penyebabnya karena faktor ketidakpuasan terhadap uang saku yang pelaku dapat dari orang tuanya, akhirnya sang pelaku melakukan pemalakan terhadap siswa lain sehingga harus berurusan dengan pihak sekolah atas perbuatannya.

Pada Sabtu (22/04/2017) salah satu madrasah Aliyah di Kecamatan Sokosewu,Bojonegoro melakukan pemanggilan terhadap tiga orang pelajar pelaku pemalakan yang semuanya adalah siswa kelas X,dengan inisial FV (16),RDW (16), dan ED (16) yang melakukan aksinya pada Kamis (20/04/2017). Entah apa yang menjadi penyebab mereka melakukan pemalakan ini, mereka pun tidak segan segan melakukan penganiayaan apabila sang korban tidak mau memberikan uang yang diminta.

Februari 2017 lalu seorang siswa kelas 9 salah satu SMPN di Kota Palopo, Sulawesi Selatan berinisial OP (14) menjadi pelaku pemalakan di sekolahnya. Bahkan pelaku sering mengancam calon korbannya jika menolak memberikan uang. Pelaku juga mengancam korban apabila melaporkan kepada orang tua maupun guru. Aksinya tersebut sudah dimulai sejak tiga bulan terakhir.

Lima orang siswa disalah satu SMP swasta di kota Makassar, berinisial RC (14),RF (14),AL (14),LK (14),AD (14) dilaporkan sering melakukan aksi pemalakan terhadap teman sekolah nya.Bahkan, oknum kelima siswa tersebut terkadang mengancam calon korbannya jika menolak untuk diberi uang. Pelaku juga mengancam jika korbannya melapor kepada orangtua atau guru. Akhirnya setelah ada salah satu korbannya yang melaporkan kepada guru,5 pelaku tersebut langsung ditindaklanjuti oleh sekolah dan dilaporkan ke pihak yang berwajib.

Kesimpulannya, pemalakan disebabkan karena kurang nya rasa bersyukur dari pelaku atas apa yang dia miliki,masalah ekonomi dari keluarganya, dan memiliki sifat suka menindas .

Pemalakan dapat berdampak buruk bagi korban,jadi sebisa mungkin sekolah sekolah meminimalisir kejadian pemalakan tersebut dengan memperketat peraturan,memberi sanksi yang bisa membuat jera pelaku dan sekaligus peringatan agar siswa lainya tidak berani untuk melakukan pemalakan. Milikilah sikap bersyukur atas apa yang kamu miliki jangan sampai merebut paksa milik orang lain,jangan menganggap dirimu kuat sehingga berfikir dapat menindas yang lemah.

Nisa Widi Astuti
XI IPS 4













Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog