Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

09 November 2018

Pencurian

      Pencurian

     Pencurian merupakan tindak pidana yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman tindak pidana pencurian juga semakin meningkat. Pencurian terjadi karena adanya dorongan dari ekonomi yang buruk dari si pelaku. Si pelaku biasanya  mencuri  di rumah yang sepi dan kemudian mengambil semua barang berharga yang ada di rumah tersebut.
       Faktor yang mengakibatkan terjadinya pencurian adalah ekonomi. Hal ini dialami oleh rakyat kecil yang tidak mampu membeli barang kebutuhannya, seperti sandang, pangan, papan. Alasan mereka mencuri mayoritas adalah karena terpaksa mencuri untuk menghidupi keluarganya.
       Kemudian pencurian juga disebabkan karena adanya pengangguran.  Meningkatnya pengangguran sangat berpengaruh besar terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Masyarakat dengan tingkat kesejahteraan yang rendah cenderung untuk tidak mempedulikan norma atau kaidah hukum yang berlaku. Oleh karena tidak memiliki pekerjaan yang tetap, maka pelaku mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
       Rendahnya tingkat pendidikan seseorang juga mempengaruhi daya pikir seseorang untuk membuat keputusan dalam bertindak. Bila pendidikan rendah, maka orang akan melakukan kejahatan tanpa memikirkan akibat dari tindakannya tersebut.
       Adapun upaya menanggulangi maraknya tindakan pencurian ini yaitu dengan diadakannya siskampling ronda malam karena hal ini merupakan upaya penting untuk mengurangi tindakan pencurian. langkah ini merupakan langkah dasar yang harus kita lakukan agar masalah pencurian ini sudah teratasi di Daerah Perumahan.
Oleh karena itu, janganlah mencuri barang atau peralatan orang lain. Karena itu adalah perbuatan yang dilarang bagi agama.

Ditulis Oleh :

NAMA : MOHAMMAD ZIDAN FEBRIAN
KELAS : XI IPS 1













Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog