Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

08 November 2018

Pungutan Liar

 PUNGLI DI SEKOLAH
      
       Pungli atau pungutan liar adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang atau Pegawai Negeri atau Pejabat Negara dengan cara meminta pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai atau tidak berdasarkan peraturan yang berkaitan dengan pembayaran tersebut. Hal ini sering disamakan dengan perbuatan pemerasan, penipuan, atau korupsi. Pungutan liar juga termasuk dalam kategori kejahatan jabatan, dimana pejabat demi menguntungkan diri sendiri atau orang lain, menyalahgunakan kekuasaannya untuk memaksa seseoang untuk memberikan sesuatu, untuk membayar atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjkan sesuatu bagi dirinya sendiri.
         contoh dari pungli yaitu pungli di sekolah,misalnya ada seorang kepala sekolah smp ciba yang ingin melakukan pungli dengan cara meminta sumbangan sebesar 100.000,00 per siswa/siswi dengan modus ingin merenovasi wc di sekolah dan mendirikan wc baru,ternyata uang tersebut tidak di gunakan untuk merenovasi wc dan mendirikan wc,uang tersebut di gunakan untuk kepentingannya sendiri.
Penyalahgunaan wewenang menjadi salah satu faktor penyebab seseorang melakukan pungutan liar. Faktor lainnya yaitu faktor mental, ekonomi dan budaya. Faktor mental mempengaruhi karakter atau kelakuan dari seseorang dalam bertindak dan mengontrol dirinya sendiri. Akibatnya kepala sekolah itu melakukan pungli adalah namanya menjadi jelek di sekolah tersebut.
        Ada juga guru dari smpn ciba yg melakukan pungli di sekolah,guru tersebut mengambil pungli dengan cara menyuruh siswa dan siswinya bila remedial pelajaran dia guru tersebut menyuruh siswa/i membeli mouse,keyboard dll penyebabnya dia melakukan pungli di sekolah untuk mementingkan kepentingan pribadinya akibatnya siswa/i tidak suka dengan pelajaran yg dia ajar dan guru guru lain juga banyak yg tidak suka dengannya.
     Ada guru di smpit cikoets yg melakukan pungli di sekolah yg memanfaatkan siswa/i bila pelajaran dia remed dia akan menyuruh membeli baju kemeja sebabnya melakukan pungli di sekolah karena untuk kepentingan pribadinya akibatnya guru tersebut di benci semua siswa/i yg di ajarnya.
       Ada guru smpit cikoets yg melakukan pungli di sekolah yg memanfaatkan siswa/i bila hafalan tidak hafal akan di kenakan denda 2k per siswa/i,sebabnya melakukan pungli di sekolah karena gajihnya kurang/tidak cukup akibatnya pengeluaran siswa menjadi berkurang
      Ada guru sman cikoet yg melakukan pungli di sekolah yg memanfaatkan siswa/i bila pelajaran dia remed suruh membeli sarung,sebabnya guru tersebut ingin mempunyai banyak koleksi sarung,akibatnya siswa mengeluarkan biaya yang lumayan banyak untuk membeli sarung

Nah dari contoh di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa masih banyak orang orang yang melakukan pungli demi kepentinganya sendiri,dengan adanya contoh tersebut semoga tidak ada lagi yang namanya pungli di sekitar kita agar kita tidak di kucilkan tidak di musuhi dan tidak di prasangka buruk sama orang orang.

Nama:fitrah hermawan
Kelas:X1.IPS 2
Sekolah:SMAN 1  CIKUT


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog