Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

11 Juli 2022

SEJARAH KOTA PILAR



ASAL USUL NAMA KAMPUNG PILAR







Nama ini adalah kampung pilar. Kampung pilar berdiri sejak tahun 1965an. Pendiri atau sesepuh yang sudah lama dikampung pilar itu adalah Hj.Namrih ialah sampai sekarang yang masih hidup diantara yang lainya sudah meninggal. Lokasinya itu digang kelinci kampung pilar. Bahan-bahan dibangunnya kampung pilar itu diantaranya pasir, semen, batu dan lain lain. Warnanya itu sangat beragam atau warna warni. Kampung pilar sering ikut perlombaan 17 agustusan dikampungnya tersebut.

Kampung pilar mulai dibangun pada tahun 1970an. Proses dibangunnya itu dengan cara bertahap dari tahap pertama hingga akhir atau hingga selesai posesnya. Selesai dibangun kampung pilar itu kira-kira pada tahun 1985an. Rehab atau pemugaran dikampung pilar itu ada salah satu masjid nurul islam dari yang kecil seperti mushola sekarang sudah direhab menjadi besar, ada juga bengkel yg direhab dan ada pula jalan yg dulunya tanah sekarang sudah dicor atau sudah bagus jalanan tersebut. Perawatannya dulu itu saling gotong royong atau istilah lain kebersamaan tetapi sekarang masa bodoan atau masing masing

Kampung pilar pernah terjadi banjir dan juga pernah terjadi kebakaran. Salah satu  tokoh yang ada dikampung pilar itu adalah ustadz Hj. Romli. Keunikannya ada sebuah lagu untuk salah satu gang tersebut yaitu gang kelici nyanyiannya seperti ini jakarta kotaku indah dan permainan disanalah tempatku dilahirkan rumahku disalah satu gang namanya gang kelinci.

Manfaatnya itu bisa mengetahui tentang asal usul kampung pilar, bisa bersosialisasi dengan warga sekitar, dan bisa mengambil segala pengalaman yang kita alami selama wawancara dan lain sebagainya.

Inti dari ini semua yaitu pilar itu adalah tiang, dinamakan pilar karena adanya salah satu tiang yang berada dipertigaan yang berbentuk segitiga atau disebut juga dengan benteng tetapi sekarang tiang tersebut sudah tidak ada. Dan ada juga salah satu bangunan yang sudah tua yang berada dipilar barat dan timur. 

Nasehat atau pesan yang kita ambil adalah kita harus mengetahui banyaknya cerita yang bersejarah tentang kampung pilar, dan sebaiknya kita harus lebih melestarikan atau menjaga lingkungan agar tidak menyebabkan hal-hal yang kita tidak inginkan.











Nama : Anisah
Kelas : XII IPS 1







Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog