Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

07 Oktober 2018

Kemacetan lalu lintas

Kemacetan lalu lintas

Kemacetan adalah kondisi di mana arus lalu lintas yang lewat pada arus jalan yang di tinjau melebihi kapasitas rencana jalan tersebut yang mengakibatkan kecepatan bebas ruas jalan tersebut mendekati atau melebihi 0 Km/jam sehingga menyebabkan terjadinya antrian kendaraan. Jika arus lalu lintas mendekati kapasitas, kemacetan akan terjadi. Kemacetan semakin meningkat apabila arus begitu besarnya sehingga kendaraan sangat berdekatan satu sama lain. Kemacetan total apabila kendaraan harus berhenti atau bergerak lambat. 

Kemacetan ini kerap terjadi didaerah padat penduduk seperti di Jakarta tepatya di Jalan Mh Thamrin pada hari Rabu 4 Juli 2014, disebabkan oleh kepadatan penduduknya dan juga terlalu banyaknya kapasitas kendaraan, yang mengakibatkan kelelahan dijalan.

   Contoh ke dua di Cibitung tepatnya di Jalan Raya Bosih pada hari Minggu 15 Maret 2015 disebabkan oleh jalannya yang rusak sehingga dapat menurunkan kecepatan kendaraan yang berakibat menyita waktu dengan cuma-Cuma.

   Contoh ketiga yaitu kemacetan yang terjadi di Cikarang tepat di Jalan Kh.Dewantara pada hari Sabtu 21 April 2018 disebabkan oleh banyaknya pedagan asongan yang berjualan di trotoar akibatnya semakin sempit dan mengakibatkan menumpuknya kendaraan.

Yang keempat adalah kemacetan di Cibitung tepatnya di Jalan Pondok Tanah Mas yang terjadi pada hari Rabu 12 September 2018 disebabkan oleh banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan sehingga mengakibatkan bagi warga yang bekerja menjadi telat dan tidak tepat waktu. 

Dan yang terakhir kelima kerap terjadi kemacetan di Daerah Bogor tepatnya di Jalan Tanjakan Emen pada hari Sabtu 22 September 2018 yang disebabkan oleh jalur buka tutup yang berdampak stres dan bosan dalam perjalanan.

Kesimpulannya, penyebab dari kemacetan adalah terlalu banyaknya kapasitas kendaraan, adanya jalan yang rusak, pedagang kaki lima yang berjualan sembarangan, banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan,dan adanya jalan yang bersistem buka tutup.

Adapun akibatnya adalah kelelahan dijalan, membuang waktu dengan cuma-cuma, menumpuknya kendaraan, telat dan tidak tepat waktu, dan yang terakhir stres dan bosan dalam perjalanan.

Maka untuk menghindari masalah-masalah tersebut kita dianjurkan untuk lebih bersikap dewasa dalam berkendara di jalan. Perlunya sopan santun dijalan sangat penting untuk semua pengendara dan sebaiknya pergi lebih awal dari waktu yang ditentukan agar terhindar dari kemacetan.

Nama: Budi Adinda Arlien
Kelas: XI.IPS 3
 





Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog