Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Wanita Cantik Lahir Batin, Calon Istri Idaman

Wanita Cantik Lahir Batin, Kamu Harus Segera Nikahi Dia Model wanita seperti ini sangat langka. Baca selengkapnya: https://www.genpi.co/gaya-hidup/33478/wanita-cantik-lahir-batin-kamu-harus-segera-nikahi-dia

5 Mobil Mewah Termahal Yang Pernah Dijual di Indonesia

Punya khalayak otomotif yang kuat, lima mobil mewah termahal ini pernah dijual di Indonesia! https://carro.id/blog/5-mobil-mewah-termahal-yang-pernah-dijual-di-indonesia/

Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16

Bola.net - Asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto mengapresiasi keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022. https://www.bola.net/tim_nasional/timnas-indonesia-juara-piala-aff-u-16-2022-asisten-shin-tae-yong-jangan-layu-sebelum-berkemba-ca151c.html

Tesla Cybertruck Asli dalam Video Baru Dari Peterson

Diupload: 13 Apr 2023, Museum Otomotif Peterson memiliki prototipe Cybertruck pertama yang dipamerkan dalam pameran, selengakapnya di https://id.motor1.com/news/662022/tesla-cybertruck-asli-museum-peterson/

Kabar Baik untuk ARMY! BTS Kembali Dinobatkan sebagai Penyanyi K-Pop Terpopuler

Dilansir PikiranRakyat-Cirebon.com dari laman Soompi, BTS kembali menempati peringkat pertama sebagai penyanyi K-Pop terpopuler https://cirebon.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-042118224/kabar-baik-untuk-army-bts-kembali-dinobatkan-sebagai-penyanyi-k-pop-terpopuler-di-bulan-juni-2021

Pencarian

18 November 2022

Asal Usul Perpustakaan UI (Contoh Teks Cerita Sejarah)

========================
(lulus, kurang halaman)
 
Judul TCS: Perpustakaan Universitas Indonesia
Objek/Sumber TCS: Gedung Perpustakaan Universitas Indonesia

Tanggal Upload: 

Kelas: XII IPS 2
Kelompok: 7
Nama Anggota Kelompok:
1. Haliza Marsyanda (absen 13)
2. Muhammad Supriyadi (absen 25)
3. Vera Nayla Amanda (absen 34)
4. Yuni Setyowati (absen 36)

TCS (Teks Cerita Sejarah)

Orientasi

Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah Gedung ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

Dalam pasal 3 UU No.43 2007 telah disebutkan bahwa perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. 

1.    Fungsi pendidikan, diwujudkan dengan perpustakaan yang mampu meningkatkan kegemaran membaca penggunanya.

2.    Fungsi penelitian, diterapkan dengan menyediakan layanan untuk pemakai dalam memperoleh informasi sebagai bahan rujukan untuk kepentingan penelitian.

3.    Fungsi pelestarian yaitu sebagai tempat melestarikan bahan pustaka yang merupakan sumber ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.

4.    Fungsi informasi, diterapkan dengan menyediakan sumber-sumber pustaka yang lengkap dan bermutu.

5.    Fungsi rekreasi, diterapkan dengan menyediakan buku hiburan dan tata ruang yang bersifat rekreatif.

6.    Fungsi sosial, yang diartikan sebagai wadah sosialisasi antara pengunjung dalam memperoleh informasi.

Sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan di perpustakaan sekolah adalah sistem klasifikasi persepuluhan DDC (Dewey Decimal Classification). Sistem ini mengelompokkan bahan pustaka berdasarkan subyek dengan notasi angka persepuluhan. Pengelompokkan pertama disebut kelas utama dengan 10 kelompok (000-900). Kemudian, masing-masing kelompok pada kelas utama ini dibagi lagi menjadi subyek yang lebih kecil yang disebut divisi (000-990). Dari subyek yang kecil ini, dibagi lagi menjadi subyek yang lebih kecil yang disebut subdivisi (000-999). 

Umum

000 – Publikasi Umum, informasi umum dan komputer

010 – Bibiliografi

020 – Perpustakaan dan informasi

030 – Ensiklopedia dan buku yang memuat fakta-fakta

040 – Tidak ada klasifikasi (sebelumnya untuk Biografi)

050 – Majalah dan Jurnal

060 – Asosiasi, Organisasi dan Museum

070 – Media massa, junalisme dan publikasi

080 – Kutipan

090 – Manuskrip dan buku langka

•Filsafat dan Psikologi

100 – Filsafat dan psikologi

110 – Metafisika

120 – Epistimologi

130 – Parapsikologi dan Okultisme

140 – Pemikiran Filosofis

150 – Psikologi

160 – Filosofis Logis

170 – Etik

180 – Filosofi kuno, zaman pertengahan, dan filosofi ketimuran

190 – Filosofi barat modern

•Agama

200 – Agama

•Sosial

300 – Ilmu sosial, sosiologi dan antropologi

310 – Statistik

320 – Ilmu politik

330 – Ekonomi

340 – Hukum

350 – Administrasi publik dan ilmu kemiliteran

360 – Masalah dan layanan sosial

370 – Pendidikan

380 – Perdagangan, komunikasi dan transportasi

390 – Norma, etika dan tradisi

•Bahasa

400 – Bahasa

•Sains dan Matematika

500 – Sains

510 – Matematika

520 – Astronomi

530 – Fisika

540 – Kimia

550 – Ilmu kebumian dan geologi

560 – Fosil dan kehidupan prasejarah

570 – Biologi

580 – Tanaman

590 – Zoologi

•Teknologi

600 – Teknologi

610 – Kesehatan dan Obat-Obatan

620 – Teknik

630 – Pertanian

640 – Managemen Rumah Tangga dan Keluarga

650 – Manajemen dan Hubungan dengan Publik

660 – Teknik Kimia

670 – Manufaktur

680 – Manufaktur untuk Keperluan Khusus

690 – Konstruksi

•Seni dan Rekreasi

700 – Kesenian dan rekreasi

710 – Perencanaan dan Arsitektur Lanskap

720 – Arsitektur

730 – Patung, Keramik dan Seni Metal

740 – Seni Grafis dan Dekoratif

750 – Lukisan

760 – Percetakan

770 – Fotografi, Film, Video

780 – Musik

790 – Olahraga, Permainan dan Hiburan

•Literartur dan Sastra

800 – Literatur, Sastra, Retorika dan Kritik

•Sejarah dan Geografi

900 – Sejarah

910 – Geografi dan Perjalanan

920 – Biografi dan Asal-Usul

930 – Sejarah Dunia Lama

940 – Asal–Usul Eropa

950 – Asal-Usul Asia

960 – Asal-Usul Afrika

970 – Asal-Usul Amerika Utara

980 – Asal-Usul Amerika Selatan

990 – Asal-Usul Wilayah Lain

                                Urutan Peristiwa

Kristal Pengetahuan (Crystal of Knowledge) merupakan perpustakaan pusat Universitas Indonesia (UI). Perpustakaan ini menempati lahan 2,5 hektare dengan luas bangunan 33.000 meter persegi dan diresmikan tanggal 13 Mei 2011. Perpustakaan ini mulai dibangun semenjak Juni 2009. 

Penyerahan Sertifikat Akreditasi dilakukan secara daring kepada Kepala UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, Utami Budi Rahayu Hariyadi, S.S., M.Lib., M.Si. Jam operasional Perpustakaan Universitas Indonesia mulai dari jam 08.00-15.00. Rektor Perpustakaan UI oleh Prof. Dr. Der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri.

Perpustakaan UI telah melalui proses panjang sejak tahun 1959,  ketika pimpinan Perpustakaan Fakultas dan Lembaga di lingkungan Universitas Indonesia mengadakan rapat untuk pertama kali di Biro Presiden Universitas untuk membicarakan organisasi perpustakaan. Hingga tahun 2010, UI memiliki 12 Perpustakaan Fakultas dan 1 Program Pascasarjana, yaitu :

1.Fakultas Kedokteran (FK),

2.Fakultas Kedokteran Gigi (FKG),

3.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),

4.Fakultas Tehnik (FT),

5.Fakultas Hukum (FH),

6.Fakultas Ekonomi (FE),

7.Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB),

8.Fakultas Psikologi (FPsi),

9.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP),

10.Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM),

11.Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM),

12.Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), dan

13.Program Pascasarjana Multidisiplin. 

Gedung bernama “The Crystal of Knowledge” ini selesai dibangun di awal tahun 2011, dan proses integrasi dimulai pada bulan Maret 2012. Adapun perpustakaan yang bergabung ke gedung baru tersebut adalah:

•Perpustakaan Pusat,

•Perpustakaan FIB,

•Perpustakaan FT,

•Perpustakaan FMIPA,

•Perpustakaan FIK,

•Perpustakaan FH

Beberapa fakultas lain tetap memiliki perpustakaan di fakultas namun memindahkan sebagian koleksinya ke gedung baru, yakni:

•Perpustakaan FASILKOM,

•Perpustakaan Fakultas Psikologi,

•Perpustakaan FISIP

•Perpustakaan FKM, dan

•Perpustakaan FEB.

Dengan bergabungnya beberapa perpustakaan dari fakultas ke gedung baru, maka UI tidak lagi menggunakan istilah ‘perpustakaan pusat’ namun menjadi 'Perpustakaan UI'.

Perpustakaan Universitas Indonesia berlokasi di gedung baru Perpustakaan UI, terletak antara masjid UI dan gedung Fakultas Ilmu Komputer. Perpustakaan ini memiliki 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, 100 silent room bagi dosen mahasiswa, taman, restoran, bank, serta toko buku. Perpustakaan ini diperkirakan mampu menampung 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau 20.000 pengunjung per hari. 

Perpustakaan ini tidak hanya menghadirkan suasana akademis yang baik, namun juga ditunjang beberapa fasilitas seperti food court yang banyak menjual aneka makanan dan minuman termasuk es krim, toko buku, hingga kebun apel (Mac Room) yang bisa dipakai pengunjung untuk streaming film online. Gedung Perpustakaan UI atau yang dikenal dengan Crystal of Knowledge terdiri dari 8 lantai dan beberapa bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan. Gedung Crystal of Knowledge, Jl. Letjen DR. Sjarif Thajeb, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424. Berlokasi di Universitas Indonesia.

                                      Reorientasi


Prinsip utama Perpustakaan UI adalah bahwa perpustakaan merupakan ruang publik yang paling terbuka dan demokratis bagi seluruh warga UI, tempat menggali pengetahuan dan menambang ilmu yang akhirnya dipancarkan bagi kemanusiaan. Perpustakaan UI adalah sarana pendukung utama untuk olah pikir, olah rasa, dan olah raga. Dengan demikian Perpustakaan UI lebih fokus pada pengelolaan aktivitas- aktivitas yang mendukung pengembangan kualitas manusia melalui pendidikan dan penelitian, serta penyediaan sarana dan fasilitas sebagai meeting point dan learning common bagi seluruh pengguna dari berbagai disiplin ilmu.



Nama Narasumber:
1. Bapak Rahmat (Satpam didepan lobby Perpustakaan UI)
2. Bapak Agus Marto (Satpam di Parkiran Perpustakaan UI)
3. Bapak Nurdin (Petugas Kebersihan Perpustakaan UI)
4. Bapak Andi (Petugas Kebersihan Perpustakaan UI)

Dokumentasi 






















Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial




========================


Share:

Sejarah Berdirinya Cafe Batavia (Contoh Teks Cerita Sejarah)

========================
Judul TCS: Sejarah Berdirinya Cafe Batavia
Objek/Sumber TCS: Cafe Batavia
Tanggal Upload: ....

Kelas: XII IPS 2
Kelompok: 6
Nama Anggota Kelompok:
1. Aulia Annisa Azzahra
2. Kezia Angelika Simbolon
3. Muhammad Hafizh Faturrohman
4. Nabila Putri

TCS (Teks Cerita Sejarah)
Orientasi


Cafe Batavia terletak di sudut barat laut Taman Fatahillah. Selama bertahun-tahun, itu adalah satu-satunya tempat komersial di Taman Fatahillah. Restoran ini didirikan di sebuah bangunan abad ke-19 berlantai dua.Jenis bangunan ini, biasanya dengan galeri kayu di lantai dua, sebagian besar dibangun pada awal abad ke-19. 

 

Beberapa bangunan jenis ini masih dapat ditemukan di bagian lain Kota Tua, misalnya sejumlah bangunan yang menghadap Kali Besar.asli di bawah galeri tertutup oleh panel kaca, terutama untuk mengkondisikan interior. Sebuah bar, panggung pertunjukan, dan area lounge terletak di lantai dasar. Sebuah tangga dari kayu jati Jawa mengarah ke lantai atas. Lantai atas menampilkan 'Grand Salon', ruang makan utama yang mampu menampung 150 tamu. Grand Salon, yang merupakan bagian galeri bangunan, dibangun dari kayu dan memiliki jendela besar yang tertutup rapat, memberikan cahaya berlimpah ke interior serta pemandangan Taman Fatahillah dan bangunan kolonial di sekitarnya. Bar yang disebut Winston Churchill di Cafe Batavia dinobatkan sebagai “Bar Terbaik Dunia” oleh Newsweek International pada tahun 1996.Interior Cafe Batavia dihias dengan tema tahun 1930-an. Foto-foto vintage selebriti dan bangsawan tahun 1930-an menghiasi ruang makan utama.

 

Interior dan konsep dari Café Batavia sendiri masih mempertahankan dari sejarah yang ada dari pemilik sebelumnya. Seperti suasana art gallery yang masih dipertahankan dan beberapa lukisan dari masa art gallery yang masih ditampilkan.

 

Furnitur dan mayoritas bagian bangunan yang ada pada Café Batavia juga masih dipertahankan seperti meja-meja dan kursi yang terbuat dari kayu Jati Belanda, tangga kayu, kusen jendela-jendela, lantai kayu di lantai 2, dan lantai keramik di lantai 1.

 

interior dan konsep dari Café Batavia sendiri masih mempertahankan dari sejarah yang ada dari pemilik sebelumnya. Seperti suasana art gallery yang masih dipertahankan dan beberapa lukisan dari masa art gallery yang masih ditampilkan.

 

Furnitur dan mayoritas bagian bangunan yang ada pada Café Batavia juga masih dipertahankan seperti meja-meja dan kursi yang terbuat dari kayu Jati Belanda, tangga kayu, kusen jendela-jendela, lantai kayu di lantai 2, dan lantai keramik di lantai 1.

 

Tak hanya interior dari Café Batavia saja yang dipertahankan, tapi menu-menu yang disuguhkan masih mempertahankan menu-menuklasik nasional, meskipun ada  sentuhan modern, selain itu juga ada menu internasional. Karena kebanyakan tamu Café Batavia adalah ekspatriat—mayoritas tamu yang datang berasal dari negara Belanda, Korea, Spanyol, dan Perancis, sehingga variasi menu dan jenis spirits/liquoryang ditawarkan pun terbilang beragam.

 

Urutan Peristiwa

 

Bangunan Kafe Batavia didirikan pada tahun 1625,kafe Batavia dulunya merupakan bekas pusat perdagangan dan pemerintahan.Pada mulanya bangunan ini sebagai kediaman Gubernur VOC dan gedung administrasi,Kafe ini didirikan pada tahun 1833 oleh seorang Belanda bernama Jan Van Der Heijden yang merupakan angoota perusahaan Hindia Timur Belanda.Tujuan didirikannya Kafe Batavia yaitu untuk menarik wisatawan lokal dan manca negara dengan desain bangunan khas kolonial belanda yang masih dipertahankan hingga sekarang. Dari segi menu sebenarnya Kafe Batavia tidak jauh berbeda dari kafe-kafe pada umumnya,namun yang menjadi daya tarik dari kafe ini adalah keunikan dari desain bangunan dan interior kafe yang masih bergaya kolonial.

 

Kafe ini didirikan oleh Jan Vander Heijden,lokasi Kafe Batavia tidak berubah dari awal didirikan hingga sekarang.Bangunan Kafe Batavia ini termasuk salah satu cagar budaya sehingga gaya bangunannya tidak berubah meskipun telah beberapa kali dilakukan renovasi,hanya warna bangunan saja yang berubah namun bentuk bangunan asli tetap dipertahankan.Sejak awal kafe ini didirikan kafe ini sudah beberapa kali berganti kepemilikan ,mulai dari orang Belanda, Australia, Amerika, Arab, dan Perancis pernah menjadi pemilik kafe ini.Setelah menjadi milik salah satu saudagar Arab,pada tahun 1990 seorang warga Perancis bernama Paul membelinya untuk dijadikan sebagai galeri lukisan.Sekitar tahun 1991 dibeli orang lain dan dijadikan sebagai kafe hingga sekarang.Kafe tersebut sekarang dipegang oleh orang surabaya keturunan tionghoa(chinese).

 

Untuk Kafe Batavia ini pada hari biasa pengunjung biasanya tidak terlalu ramai hanya sampai 40% saja dalam satu hari,sedangkan pada hari weekend dan hari libur nasional pengunjung kafe biasanya lebih ramai dan banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kafe Batavia.

 

Kafe Batavia terkenal dengan makanan dan minuman tradisional Belanda.Menu termasuk item seperti stroopwafels,pancake dan pai apel.Kafe ini juga menawarkan berbagai masakan indonesia seperti nasi goreng dan sate.Kafe ini memilii berbagai pilihan bir,anggur dan minuman beralkohol.

 

 

Reorientasi

 

Dengan adanya Kafe Batavia ini dapat menjadi tempat wisata kuliner sekaligus tempat wisata sejarah diIndonesia,semoga tempat ini tetap terjaga dan terawat dengan baik,desain bangunan bergaya kolonial tetap dipertahankan agar tetap menjadi ciri khas Kafe Batavia dan kawasan Kota Tua.  

 

 


Nama Narasumber:
1. Bpk Syarif (Penyewa sepeda ontel)

Sumber internet:

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://translate.google.com/translate%3Fu%3Dhttps://en.wikipedia.org/wiki/Cafe_Batavia%26hl%3Did%26sl%3Den%26tl%3Did%26client%3Dsrp%26prev%3Dsearch&ved=2ahUKEwjk5PXuw976AhVm9jgGHWLHDaUQFnoECA8QAQ&usg=AOvVaw1wjlQUn2WZFfyMjXnN2kH4

 

 

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://decode.uai.ac.id/%3Fp%3D12322&ved=2ahUKEwjk5PXuw976AhVm9jgGHWLHDaUQFnoECBAQAQ&usg=AOvVaw10NpmtHwVyoCneoNk9uYEY

 

 

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://travelingyuk.com/cafe-batavia/248725&ved=2ahUKEwjk5PXuw976AhVm9jgGHWLHDaUQFnoECBEQAQ&usg=AOvVaw3FjTfe0ku_pMptoBM-0aK9

 

 

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://barecamedia.com/cafe-batavia-bawa-konsep-art-gallery-penuh-sejarah/&ved=2ahUKEwjk5PXuw976AhVm9jgGHWLHDaUQFnoECBIQAQ&usg=AOvVaw3mGCrc4uQsykRfnOce1nQ8

 

 





Dokumentasi




















Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial




========================




Share:

Perjalanan Menuju Stasiun Gambir

========================
Judul TCS: Perjalanan Menuju Stasiun Gambir
Objek/Sumber TCS: Stasiun Gambir
Tanggal Upload: ....

Kelas: XII IPS 2
Kelompok: 1
Nama Anggota Kelompok:
1. Adinda Nur Fitriani
2. Kresna Cahyo Kartiko
3. Muhammad Haikal
4. Nadia Putri Marsakila


TCS (Teks Cerita Sejarah)
Orientasi


Perkenalkan nama saya Kresna dari kelas 12 IPS 2, kali ini saya akan sedikit menceritakan tentang diri saya dan hobi maupun kegiatan saya bersama teman-teman saya yang akan kunjungan ke stasiun Gambir, saya seorang mahasiswa yang hobinya dengan otomotif terutama di otomatis motor yang senang sekali dengan Memodifikasi motor dan kegiatan saya sehari-hari adalah membantu orang tua di rumah dan kegiatan bersih-bersih, saya juga mendapat tugas dari sekolah untuk mendapat kunjungan ke suatu tempat yang dimana orang - orang sudah tidak asing lagi. Yaitu ke Stasiun Gambir untuk melakukan wawancara gimana Sejarah nya Stasiun tersebut, dan saya selama perjalanan menuju Stasiun saya banyak belajar tentang Apa itu kerja kelompok dan menambah wawasan individual dengan Mandiri, mungkin itu saja yang saya bisa ceritakan, dan sekian Terima kasih

Perkenalkan nama saya Nadia Putri Marsakila biasa dipanggil Nadia lahir di Bekasi tanggal 2 November 2005, saya anak pertama dari 2 bersaudara, saya suka jalan-jalan serta mengelilingi jalanan apapun itu yang membuat saya senang.  Makanan kesukaan saya adalah mie ayam dan ayam geprek itu enak banget sih, kalau libur pun saya sering jalan bareng teman adanya waktu luang saya sering membantu ibu saya belanja dan memasak, saya suka memasak di karenakan itu sudah menjadi hobi saya, saya suka sekali membeli cemilan seperti keripik kaca bukan kaca beneran ya gais basreng dan kue soes. Di sela waktu libur saya menyempatkan di pagi hari untuk berolahraga pagi jogging, skipping, dan senam matahari pagi tuh sangat sehat bukan teman - teman, sekian data diri dari saya dan saya akhiri sekian dan Terima kasih

Perkenalkan nama saya Adinda Nur Fitriani biasa dipanggil dinda lahir di bekasi tanggal 03 November 2005. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Saya suka menonton film di netflix atau yg lainnya saya juga suka kucing. Dirumah saya banyak sekali kucing peliharaan saya, lucu sekali. Kegiatan saya ketika libur sekolah membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah, main, bermain dengan hewan peliharaan, dll. Saya juga suka berolahraga contohnya bersepeda biasanya ketika libur sekolah saya suka bersepeda bersama papa dan adik saya. Diwaktu yg luang juga kita sering sekali menghabiskan waktu bersama contohnya bermain game bersama, dan menonton film bersama. Kami juga sering menghabiskan waktu luang dengan cara berenang dihari libur. Itu juga menjadi salah satu hobby saya. Sekian data diri saya terimakasih.

Disini saya sebagai haikal nama lengakap saya Muhammad Haikal saya lahir di Bekasi pada tanggal 6 juni 2004 saya adalah anak kedua dari dua saudara di mulai dari kesukaan dan kebiasaan saya adalah saya suka mencoba hal hal baru seperti apapun yang menurut saya itu menyenangkan seperti mengulik lebih jelas system computer mengedit video dll, hobi saya disini saya lebih suka di bidang seni tekonologi seperti mengedit video ataupun membuat visual effect saya juga sangat suka berolahraga seperti pull up, push up, berenang dan masih banyak lagi begitu pun ada kebiasaan saya yg tidak tertinggal yaitu mendengarkan music di kamar sepanjang malam, mendengarkan music menurut saya adalah hal yang paling bisa Kembali merubah mood, pikiran dan jauh lebih membantu untuk menjernih kan kembali pikiran saya juga suka menganalisis film dan masih banyak lagi yang saya suka dan saya lakukan  sekian dari perkenalan sifat saya sekian terimakasih.

 

                                Urutan Peristiwa

 

Perjalanan kami ber empat ini dimulai dari menentukan titik kumpul kita yaitu berada di Stasiun Cikarang dengan jadwal kebrangkatan mulai dari pukul 6:00 pagi sampai di stasiun tersebut kami pun berkumpul, namun seharusnya kami pada pukul 7:00 semua sudah ada dan menuju tempat pemberhentian kereta keberangkatan kami terhambat dikarenakan 2 teman kami yang Bernama Adinda dan juga Nadia mengalami kesulitan saat berangakat menuju stasiun cikarang akhirnya salah satu dari kelompok kami yaitu Kresna memutuskan untuk menjeput Nadia dan menuju stasiun karena mungkin Adinda sudah berada di kendaraan namun terjebak macet jadi Kresna hanya menjemput nadia saja.

Waktu jadwal yang ingin kami laksanakan yaitu pada pukul 7:00, dan akhirnya kami semua sudah berkumpul di stasiun lalu tanpa basa basi kami pun langsung mengisi saldo kartu KRL kami masing-masing dan Kelompok kami melanjutkan  Dari stasiun Cikarang menuju stasiun gambir di mulai pukul 8:21 kami menaiki KRL dengan penuh perasaan riang gembira, dari stasiun cikarang kami menuju pemberhentian selanjutnya yaitu Stasiun Manggarai untuk melakukan transit menuju Stasiun Gambir dengan memakan waktu sekitar 1jam untuk sampai ke Stasiun Transit Manggarai tersebut, dari pemberhentian Stasiun Manggarai kami semua langsung berlanjut ke Peron 8 yang menuju pemberhatian Stasiun Gondangdia dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Gondangdia hanya memakan waktu sekitar 20 menit dan sampai lah kami semua di pemberhentian ke 2 yaitu Stasiun Gondangdia sampai disana kami langsung mencari transportasi umum yaitu kita menaiki bajaj menuju stasiun yang kita tuju yaitu Stasiun Gambir, dan kita berempat sekaligus menaiki bajaj tersebut kami pun mau tidak mau harus berdesak desakan di dalam satu bajaj yang sempit tersebut meski begitu kita semua menikmati perjalanan sambal melihat melihat pemandangan jalanan Ibukota Jakarta, rumah yang memiliki sejarah masa lampau,  dan Gedung-gedung tinggi pencakar langit Ibukota Jakarta, yang ada di daerah Jakarta dan Sekitarnya 

Kelelahan kami cukup terbayar dengan asik nya menaiki bajaj karena saya sendiri (Muhammd Haikal) baru pertama kali menaiki bajaj dan menjadi pengalaman yang sangat menarik menurut saya.

Setelah 30 menitan menaiki bajaj kami pun sampai dan berada di tempat tujuan dari kelompok kami yaitu Stasiun Gambir dan kami membayar pengendara bajaj tersebut  dengan membayar 20 Ribu saja akhirnya sampai di sana kita pun melihat lihat sekeliling stasiun tersebut karena begitu besar Stasiun Gambir tersebut untuk kita berada di sana, dan di sana kami melihat banyak sekali orang asing (luar negeri) di sana mungkin dari negara paman sam dan mungkin dari berbagai negara lain, dan setelah sudah menjalankan tugas kami di sana kami ber 4 melanjutkan perjalanan pulang menuju Stasiun Gondangdia untuk melakukan Transit di Stasiun Manggarai, setelah sesampainya kami ber 4 kami pun harus berpisah arah, saya dan Haikal melanjutkan perjalanan menuju ke Universitas UI sedangkan teman kami yang ber 2 yaitu Adinda dan Nadia tidak bisa ikut kami karna mereka sudah cukup lelah dan mereka pun melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Cikarang, setelah itu saya dan Haikal melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Universitas Indonesia untuk mengantarkan Kartu KRL kelompok lain yg terbawa oleh Adinda dari kelompok kami, sesampainya di Stasiun Universitas Indonesia kami menuju arah balik menuju Stasiun Transit Manggarai untuk melakukan istirahat dan makan siang untuk mengisi tenaga kami yang dari pagi belum melakukan sarapan, dan kami semua setelah istirahat dan makan siang kami pun ingin melanjutkan perjalanan menuju lokasi yang sedang Viral di Sosmed manapun itu, yaitu Sudirman, saya beserta Rombongan menuju ke Sudirman untuk melihat bagaimana kondisi seperti apa disana, setelah sesampainya disana kami pun melakukan foto-foto keren, dan setelah kegiatan ke Sudirman kami pun melanjutkan perjalanan pulang menuju Stasiun Transit Manggarai untuk melakukan istirahat kembali, dan waktu sudah menunjukkan hampir malam akhirnya kami memutuskan untuk pulang menuju Cikarang, dan sesampainya di Cikarang kami berpencar dengan yang lain dan pulang ke rumah masing-masing.

 

                                    Reorientasi

 

Pesan dan Kesan kami...

Kesan dan pesan kami. Yang pertama Pesan kami ialah ketika hendak berpergian ke mana pun yg hrs diperhatikan adalah kesepakatan yang sudah ditentukan, karena disitulah harus punya rasa Tanggung jawab atas perbuatannya dan usahakan melaksanakan kegiatan tersebut harus penuh kesabaran dan keikhlasan dalam melakukan sesuatu kegiatan.

Dan yang kedua yaitu Kesan, kesan kami selama ingin melakukan perjalanan jauh atau dekat jangan sampai lengah atau meleng dengan barang bawaan yang dibawa, dan ketika diajak ngobrol dengan orang asing yang sekiranya mencurigakan jangan pernah di tanggapi karna kita belum tentu pikiran kita positif, karna aura nya orang yang berbuat baik dan orang yang berbuat baik itu berbeda jadi jangan pernah menanggapi seseorang yang asing apalagi orang yang ingin berniat jahat kepada kita, dan selalu menjaga attitude dan etika dimanapun berada, mungkin itu saja yang kami sampaikan, sekian dan Terimakasih



Nama Narasumber:
1. Bpk/Ibu .... (jabatan)
2. Bpk/Ibu .... (jabatan)
3. Bpk/Ibu .... (jabatan)



Dokumentasi






 






Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial




========================
Share:

16 November 2022

Sejarah Laboratorium Komputer - Meningkatkan Wawasan dalam Bidang IPTEK (XII IPS 3)

========================
Judul TCS: Sejarah Laboratorium Komputer Dalam Rangka Meningkatkan Pengetahuan Dalam Bidang IPTEK
Objek/Sumber TCS: Laboratorium Komputer SMAN 1 CIkarang Utara
Tanggal Upload: Selasa 27 September 2022

Kelas: XII IPS 3
Kelompok: 5
Nama Anggota Kelompok:
1. Akbar Nugraha Yoviestian
2. Aliya Rahmah
3. Mochamad Igor Candyto
4. Nur Kamilah
5. Ryan Thomas

TCS (Teks Cerita Sejarah)

ORIENTASI

Di zaman modern ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus berkembang pesat menghasilkan produk berupa alat canggih yang telah merambah ke dalam dunia pendidikan. Dalam pendidikan terdapat pembelajaran bagi peserta didik yang dituntut untuk menguasai TIK sesuai perkembangan yang telah terjadi agar pengetahuan dan kemampuannya tidak tertinggal zaman. Sekolah selaku tempat diadakannya pembelajaran secara formal harus menyediakan sarana pra-sarana yang menunjang pembelajaran TIK dengan baik. Diantara banyak sarana disekolah yang telah disediakan pemerintah terdapat salahsatu sarana pra-sarana yang sampai saat ini menunjang pembelajaran TIK yaitu laboratorium komputer. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Pasal 43 dalam Permana (2014, hlm. 51) sebuah laboratorium komputer merupakan prasarana yang wajib bagi semua sekolah di Indonesia dan Propinsi Bali khususnya. Laboratorium komputer yang telah diadakan di sekolah tentunya harus memiliki standar yang baku sesuai kebijakan pemerintah. Standar laboratorium komputer baku yang telah ditentukan pemerintah lebih idealnya harus memiliki standar tambahan yang mengikuti zaman modern sekarang ini. Maka dari itu dapat dicermati beberapa standar ideal laboratorium komputer yang dapat diterapkan di zaman modern ini.

 

Menurut Ibrahim (2003, hlm.42) Laboratorium komputer adalah sarana yang digunakan untuk berlangsungnya praktikum komputer sebagai pendekatan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Idealnya bukan hanya praktikum komputer yang dilakukan tetapi pembelajaran TIK berupa inovasi lain dari dunia komputer dari perkembangan zaman modern. Untuk menunjang pembelajaran inovasi modern tentunya harus di berikan fasilitas laboratorium komputer yang memadai sesuai standar ideal agar kegiatan pembelajaran efektif. Sehingga apa yang di pelajari dan di praktikkan peserta didik didapat penguasaan pengetahuan yang lebih luas lagi. Pemerintah sebenarnya sudah menetapkan standar ideal melalui kebijakan standar laboratorium dalam Permendiknas nomor 24 tahun 2007. Ruangan laboratorium yang ideal memiliki panjang 30m dan lebar 5m yang digunakan untuk 15 peserta didik dengan rasio minimum luas ruang laboratorium komputer adalah 2 m2/peserta didik. (Marpanaji, 2014, hlm.68). Dengan menerapkan standar ideal fasilitas laboratorium komputer di sekolah yang ditetapkan oleh pemerintah sebenarnya belum memenuhi kriteria perkembangan di zaman modern. Masih banyak yang perlu di tambahkan untuk mencapai idiealisme sejati sehingga pengetahuan yang didapat lebih luas lagi tidak sekedar praktikum komputer biasa. 

 

Perkembangan yang dapat diadopsi seperti perkembangan komputer dengan bentuk papan tulis fisik yang dapat dipakai oleh siswa untuk berkreatifitas menuangkan idenya khususnya dalam hal menggambar. Ada juga komputer yang bisa menampilkan simulasi secara nyata melalui virtual reality di ruang lab menggunakan handset virtual reality (VR) sehingga pembelajaran terasa lebih jelas dan menyenangkan. Tetapi masalahnya untuk memenuhi semua itu sebuah lab harus mengelurkan budget yang tidak kecil karena semuanya berasal dari peralatan yang canggih yang berkembang zaman modern ini (Jusak, 2013, hlm. 85). Hal besar ini dapat dicermati oleh semua orang pelaku pendidikan terutama pemerintah dengan penerapan pada salahsatu sekolah model tidak perlu semuanya karea masih menjadi sebuah pemikiran yang bisa dicoba untuk kemajuan pendidikan yang sesuai perkembangan zaman modern.

 

Kondisi laboratorium komputer di sekolah ini layak digunakan, hanya saja untuk peralatan masih menggunakan fasilitas yang lama. Laboratorium Komputer ini memiliki 26 Monitor, 27 CPU, dan 4 AC. Kekurangan Laboratorium Komputer ini perlengkapannya masih menggunakan fasilitas yang lama, yang menyebabkan ada beberapa komputer yang tidak bisa digunakan. Karena sistem kerjanya masih menggunakan sistem yang lama, sedangkan zaman sekarang sudah harus menggunakan sistem kerja yang baru. Kondisi sekitar Laboratorium Komputer ini ada beberapa ruangan yang di khususkan untuk Laboratorium juga, karena jika samping Laboratorium Komputer ini kelas maka yang pastinya akan berisik oleh siswa/i yang menyebabkan rasa tidak nyaman bagi pengguna Laboratorium Komputer. Letak posisi ruangan Laboratorium Komputer ini juga di lantai 2, sehingga tidak banyak orang yang lewat di depan ruangan Laboratorium Komputer ini.

 

Laboratorium Komputer ini memiliki perbedaan dengan warnet, contohnya; warnet lebih bersifat umum (siapapun boleh menggunakan) sedangkan Laboratorium Komputer ini hanya bisa digunakan apabila sudah melakukan perizinan (tidak bersifat umum), pada umumnya warnet itu berbayar (karena warnet itu milik perorangan) sedangkan Laboratorium Komputer itu tidak berbayar (karena milik sekolah).

 

URUTAN PERISTIWA

 

Laboratorium Komputer pertama dibangun pada tahun 2005, letaknya di samping ruang BK (Bimbingan Konseling). Pada saat itu bangunan samping Laboratorium Komputer adalah Mess (tempat tinggal para guru), namun sekarang Mess tersebut sudah tidak ada karena digantikan oleh ruang kelas. Pada tahun 2012 ruangan Laboratorium Komputer ini pindah di lantai 2, dengan alasan untuk mencegah bila adanya banjir atau hama hewan yang suka menggigit kabel serta supaya mendapatkan koneksi jaringan yang bagus. Peresmian ruangan Laboratorium Komputer yang baru dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2012.Yang menjabat sebagai kepala Laboratorium Komputer adalah Bapak Syamsuardi dari tahun 2005 hingga tahun 2020 dan Bapak Agus Komar dari tahun 2020 hingga saat ini. Pada saat ini yang bertugas selaku penanggung jawab atau keamanan ruangan Laboratorium Komputer tersebut  adalah Bapak Wifi Kusuma. 


Beberapa tahun lalu lebih tepatnya sebelum pandemi Covid 19 Laboratorium ini digunakan untuk pembelajaran khususnya TIK, karena semua siswa/i masih menggunakan ruangan Laboratorium tersebut untuk keperluan praktikum atau lainnya. Namun untuk saat ini ruangan tersebut sudah sangat jarang digunakan, karena hampir semua siswa/i sudah memiliki handphone yang canggih sehingga tidak perlu lagi menggunakan ruangan Laboratorium tersebut. Serta Laboratorium Komputer tersebut jarang digunakan karena pelajaran TIK hanya berlaku untuk bimbingan bukan sebagai pelajaran serta tidak diizinkan pelajaran tersebut karena pelajaran TIK dikhususkan untuk pelajaran kejuruan SMK saja.


Pada saat ini ruangan Laboratorium Komputer tersebut digunakan apabila mengikuti olimpiade berbasis online (daring) yang membutuhkan komputer, serta untuk keperluan lainnya yang membutuhkan komputer. Jika kita ingin menggunakan Laboratorium Komputer tersebut kita harus mengurus perizinan terlebih dahulu, dengan cara temui bagian sarana prasarana. Dalam penggunakan Laboratorium Komputer tersebut kita harus menjaga kebersihan, serta dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Karena dikhawatirkan ada makanan atau minuman yang tumpah sehingga mengenai sistem kerja komputer yang menyebabkan komputer tersebut tidak dapat digunakan. Serta ketika masuk kedalam ruangan tersebut harus lepas alas kaki dan sangat amat dilarang membuka situs negatif (pormografi). Proses pembersihan ruangan Laboratorium Komputer ini dilaksanakan secara rutin (seminggu sekali) menggunakan Vacum Cleaner, bertujuan agar ruangan tersebut terasa nyaman ketika digunakan.


REORIENTASI

Walaupun kini komputer sudah digantikan dengan handphone, bukan berarti kita tidak dapat memahami cara penggunaan komputer. Karena dilihat dari siswa/i yang sering kali kesulitan dalam menggunakan komputer ataupun fitur yang ada di dalamnya. Padahal penggunaan komputer sangatlah penting dalam lingkup pendidikan atau pekerjaan, karena di zaman sekarang ini semua kehidupan sudah bergantung pada era digital. Kita sebagai warga sekolah harus bantu merawat dan melestarikan ruangan Laboratorium Komputer ini agar tetap dapat bermanfaat kedepannya, bilamana perlu mengajukan ke pihak sekolah bahwasannya membuat Ekstrakulikuler bagian Komputer yang bertujuan agar meningkatkan pengetahuan kita sebagai siswa/I dalam bidang tekhnologi dan tetap bermanfaat ruangan Laboratorium Komputer tersebut.


Nama Narasumber:


Narasumber 1 Bapak Syamsuardi (Guru Tekhnologi Informasi dan Komunikasi)




Narasumber 2 Bapak Asan (Penjaga Sekolah)
















Narasumber 3: Pak Wifi (Staff TU)












Narasumber 4: Pak Ghofar Taufik (Guru Matematika- Wakasek Kurikulum)


Narasumber 5: Pak Ade Saputra (Penjaga Sekolah)




Narasumber 6: Bapak (Agus Komar: Guru Matematika dan Eks Wakasek Sarana Prasarana)






















Disclaimer / penyangkalan:  
Tulisan di atas adalah hasil karya kelompok yang bersangkutan. Segala kebenaran dan kesalahan merupakan tanggung jawab dari kelompok tersebut. Admin dan Pemilik Blog / Situs ini serta Author (Penulis) tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan maupun  kekeliruan data yang terdapat dalam tulisan di atas. Dimohon untuk tidak menggunakan / menyalin / memplagiasi / meng-copy-paste tulisan di atas, baik seluruhnya maupun hanya sebagian!











   


Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial




========================
Share:

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog