Live Streaming Online Belajar Bahasa Indonesia SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Jam Kiamat atau Doomsday Clock - Sejarah dan Maknanya


https://basando.blogspot.com/

Jam Kiamat
Doomsday Clock


Jam Kiamat, atau **Doomsday Clock**, adalah jam simbolis yang menggambarkan seberapa dekat umat manusia dengan kehancuran global akibat tindakan manusia sendiri¹². Jam ini dikelola oleh **Bulletin of the Atomic Scientists** di University of Chicago sejak tahun 1947².


Awalnya, Jam Kiamat hanya mencerminkan ancaman perang nuklir, tetapi sejak tahun 2007, jam ini juga mempertimbangkan risiko lain seperti perubahan iklim dan perkembangan teknologi yang berpotensi berbahaya². Setiap tahun, para ilmuwan menilai dan menyesuaikan jarum jam berdasarkan peristiwa global yang berisiko tinggi¹.


Saat ini, Jam Kiamat menunjukkan waktu **100 detik menuju tengah malam**, yang merupakan waktu terdekat dengan kehancuran yang pernah dicatat⁴. Tengah malam di sini adalah metafora untuk kehancuran total atau "kiamat" akibat tindakan manusia³.





Mari kita bahas lebih detail tentang Jam Kiamat.


### Sejarah dan Tujuan

Jam Kiamat pertama kali diperkenalkan pada tahun 1947 oleh para ilmuwan yang bekerja pada Proyek Manhattan, yang mengembangkan bom atom pertama. Jam ini diciptakan oleh **Bulletin of the Atomic Scientists** untuk memberikan gambaran visual tentang seberapa dekat dunia dengan kehancuran akibat senjata nuklir.


### Mekanisme Penyesuaian

Setiap tahun, para ilmuwan dan ahli kebijakan dari Bulletin of the Atomic Scientists menilai berbagai faktor global yang dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia. Faktor-faktor ini meliputi:

- **Senjata Nuklir**: Risiko perang nuklir dan proliferasi senjata nuklir.

- **Perubahan Iklim**: Dampak perubahan iklim yang tidak terkendali.

- **Teknologi Berbahaya**: Perkembangan teknologi yang dapat disalahgunakan, seperti bioteknologi dan kecerdasan buatan.

- **Ancaman Lain**: Faktor-faktor lain seperti ketidakstabilan politik dan terorisme.


### Penyesuaian Terbaru

Pada Januari 2023, Jam Kiamat disetel ke **100 detik menuju tengah malam**, waktu terdekat yang pernah dicapai sejak jam ini dibuat. Penyesuaian ini mencerminkan kekhawatiran yang meningkat tentang:

- **Ketegangan Geopolitik**: Konflik antara negara-negara besar yang memiliki senjata nuklir.

- **Perubahan Iklim**: Kurangnya tindakan global yang efektif untuk mengatasi perubahan iklim.

- **Pandemi Global**: Dampak pandemi COVID-19 dan potensi pandemi di masa depan.


### Makna Simbolis

Tengah malam pada Jam Kiamat adalah metafora untuk kehancuran total atau "kiamat" yang disebabkan oleh tindakan manusia. Jam ini bukanlah alat prediksi, tetapi lebih sebagai peringatan untuk mendorong tindakan dan kebijakan yang dapat mengurangi risiko global.



Source: Conversation with Copilot, 8/7/2024

(1) Jam Kiamat atau ‘Doomsday Clock’: Apa itu dan bagaimana cara ... - BBC. https://www.bbc.com/indonesia/articles/cjj6370p77lo.

(2) Jam Kiamat - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Jam_Kiamat.

(3) Jam Kiamat Kini 100 Detik Menuju Kehancuran, Apa Maksudnya?. https://kumparan.com/kumparansains/jam-kiamat-kini-100-detik-menuju-kehancuran-apa-maksudnya-1tfrfpIEAWA.

(4) Apa Itu Jam Kiamat? Ketahui Fungsinya untuk Mengukur ... - detikcom. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6848523/apa-itu-jam-kiamat-ketahui-fungsinya-untuk-mengukur-kehancuran-bumi.



Sumber:
 
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial



========================

web counter
Baca Informasi Terkait: