Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

19 Januari 2017

Pengertian dan Definisi Teks Eksplanasi Kompleks (1)

.

Pengertian Teks Eksplanasi Kompleks (1)


Menurut The Contemporary English-Indonesian Dictionary, teks eksplanasi memiliki arti sebuah teks yang berisi tenang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dsb.

Selanjutnya berdasarkan Restuti, teks eksplanasi memiliki arti sebagai teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam dan sosial.

Terakhir menurut Mahsun, teks eksplanasi adalah teks yang dibuat dengan struktur yang terdiri dari bagian yang menunjukkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), serta interpretasi (penutup).

Bagian pernyataan umum memberikan informasi singkat tentang hal yang dibicarakan.

Bagian deretan penjelasan berisi penjelasan peristiwa, dan terakhir bagian penutup berisi interpretasi yang boleh ada ataupun tidak.

Dari tiga pengertian di atas bisa dibuat sebuah kesimpulan bahwa teks eksplanasi kompleks adalah sebuah teks yang berisi tentang penjelasan akan suatu masalah atau fenomena alam, sosial, ataupun budaya dengan struktur berupa pendahuluan, isi, dan penutup. Semuanya disusun secara kompleks dan jelas untuk memberikan informasi tepercaya.



sumber:

https://www.sayanda.com/pengertian-teks-eksplanasi-kompleks/





.


Sumber



Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog