Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

07 November 2018

Tawuran Antar Warga

Tawuran Antar Warga

   Tawuran antar warga adalah istilah yang sering di gunakan masyarakat indonesia, khususnya di kota-kota besar sebagai perkelahian atau tindak kekerasan yang di lakukan sekelompok atau rumpun masyarakat. Tawuran biasanya diawali pertikaian antar dua kelompok yang sama-sama tidak ingin mengalah dan kadang sampai menimbulkan korban jiwa.
Berikut contoh - contoh tawuran antar warga di Indonesia :
   Tawuran antarwarga terjadi di Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (20/11/2016) sore. Wakapolsek Menteng Kompol N Gede Wisnu A mengatakan, tawuran terjadi antara warga Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, dan warga Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut Gede, tawuran dipicu saat warga Manggarai mengelap mobil-mobil yang terparkir di Jalan Tambak. Anak-anak yang bermain bola di sana kemudian menegur warga Manggarai tersebut. Tidak ada yang luka akibat tawuran ini.
   Tawuran antarwarga terjadi di Kelurahan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur. Dua orang yang terlibat dalam tawuran diamankan polisi. Jumat (13/7/2018). Tawuran melibatkan anak-anak warga RW 05 dan RW 08 Kelurahan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur. Tawuran terjadi di Jalan Kebon Nanas Selatan I RW 05 Kelurahan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur pada Rabu (12/7) malam. Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony S Putra mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hanya ada beberapa kendaraan yang rusak akibat tawuran.
   Senin, 02-07-2018 | 21:11 wib. Pasca terjadinya kericuhan antar warga dan pemuda asal Papua di Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang pada Minggu malam, nampaknya mendapat perhatian serius dari Kepolisian Daerah Jawa Timur. Diketahui, kericuhan tersebut berawal dari sudah habisnya waktu menempati kontrakan yang dihuni pemuda asal Papua. Walaupun sudah didatangi oleh RT/RW setempat, namun mereka tetap bersikukuh bahwa masa sewanya masih ada. Meski masih bisa dikendalikan, namun pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Kapolres Malang guna mensterilkan suasana di wilayah tersebut, sehingga masyarakatTerkait kondisi tersebut, polisi menduga aksi tawuran antarwarga yang terjadi sengaja dirancang oleh suatu pihak untuk mengalihkan perhatian demi suatu kepentingan, salah satunya transaksi narkotika. 
 setempat tak kembali resah.
   25 August 2018 6:35 WIB. Tawuran antarwarga yang terjadi di kawasan Pasar Rumput, Jakarta Selatan, memang berlarut-larut. Warga saling serang hanya karena tersulut lemparan botol dan mercon. Adapun berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya tawuran antar warga yaitu mengadakan buka bersama dan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar dan meningkatkan keharmonisan antar warga. 
   Tawuran antar warga terjadi di kawasan padat huni di  Kelurahan Tanah Tinggi,  Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2015) subuh. Yanto, 39, warga lainnya menuturkan,  sekitar pukul 03:00, sudah terjadi tawuran antar kelompok pemuda yang sama-sama satu RW. Dan motifnya juga tidak jelas dan diduga dendam lama yang belum terselesaikan Akibat tawuran itu,  tiga warga luka-luka terkena lemparan batu dan satu pos sekretariat RW jendela kacanya   pecah. 
   Biasanya tawuran antar pelajar disebabkan karena seseorang tidak bisa menyesuaikan diri di lingkungannnya. Kemudian Lingkungan padat, kumuh dan miskin bisa menyebabkan seseorang cepat emosional dan marah. Warga yang tidak ada pekerjaan juga berpotensi melakukan banyak masalah sebab mereka mempunyai banyak waktu luang. Tawuran juga sengaja dilakukan untuk mengalihkan perhatian aparat supaya penjualan narkoba leluasa dilakukan. Konflik antar warga yang paling sering terjadi adalah perbutan sumber ekonomi. 
   Secara fisik tawuran dapat menyebabkan kematian dan luka berat bagi para warga. Tawuran juga dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada kendaraan dan kaca gedung atau rumah yang terkena lemparan batu. Dalam Aspek mental tawuran dapat menyebabkan trauma para warga yang menjadi korban. Jika tertangkap polisi dan dianggap membahayakan maka akan terkena pasal 351 ayat 3 dengan hukuman 7 tahun penjara. Yang cukup mengkhawatirkan adalah berkurangnya rasa kepercayaan dari pihak lingkungan ia tinggal kepada si pelaku tawuran.
   Solusi untuk mengatasi tawuran antar warga adalah Pemerataan kesejahteraan akan meminimalkan adanya kecemburuan sosial.Pendidikan yang tinggi akan meningkatkan daya saing masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya. Pendidikan yang tinggi juga membuat masyarakat lebih bisa menerima perbedaan sehingga meminimalkan adanya konflik akibat perbedaan tersebut. Pemerintahan yang bersih memberikan rasa aman dan keadilan kepada masyarakat.
Ditulis Oleh :
 
Nama Penulis: Sakiah Lestari

Kelas: XI.IPS.1







Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog