Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

06 November 2018

Pencemaran Air

 Pencemaran Air
Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat tau komponen lain (polutan) kedalam perairan sehingga mutu air menurun. Adanya perubahan warna, bau,rasa dan pH air menunjukkan terjadinya pencemaran air. Bahwa Pecemaran air mengakibatkan suatu perbahan keadaan di suatu tempat menampung air. Pencemaran air merupakan salah satu musuh utama yang dapat menyebabkan gangguan siklus kehidupan. Air yang sudah tercemar menyebabkan manusia, hewan, dan tumbuhan tidak mampu bertahan hidup.Penyebab terjadinya pencemaran air. Oleh sebab tangan manusia banyak polutan yang di hasilkan untuk pencemaran air sendiri ada berbagai macam. Mulai dari limbah dari kegiatan rumah tangga hingga limbah pengolahan pabrik, yang dimana limbah atau polutan tersebut dapat mencemari air bersih yang beradar di sekelilingnya. 
Kali Bekasi tampak ditutupi buih pada hari senin
Tercemar limbah pabrik dan domestik. Diali Bekasi bukan lagi air, melainkan limbah. Jadi, dari sumber air utamanya sudah tidak ada lagi air mengalir di Kali Bekasi, jadi yang mengalir ini cuma limbah, mulai dari domestik, rumah tangga, maupun limbah pabrik, jadi ini cuma limbah.
JAKARTA, - Warga DKI Jakarta diminta tidak mengkonsumsi air sungai yang ada di Ibu kota. Karena sebagian besar air di aliran sungai sudah tercemar limbah.Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, Junaedi mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan delapan sungai di DKI. Hasilnya, terdapat pencemaran ringan hingga berat di sungai-sungai tersebut. Kualitas airnya rata-rata memiliki status antara cemar ringan hingga cemar berat. Sudah dilakukan tes di delapan sungai," Jumat (20/5/2016).
Bandung, termasuk pencemaran air yang pencemarannya sangat luas, terjadinya pencemaran air di kota Bandung karena banyak yang membuang sampah sembarangan. 
Pencemaran air sungai di Kota Yogyakarta tergolong cukup berat. Pencemaran air sungai yang cukup berat setidaknya ditemukan di aliran sungai Winongo Yogyakarta. Sungai Winongo sendiri membelah sisi Barat Kota Yogyakarta. Pencemaran air sungai winongo tersebut terkuak setelah dilakukan penelitian oleh Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA) bersama kalangan akademisi dari Teknik Geologi UGM, Teknik Sipil Atmajaya, Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga, dan Kelompok Studi Entomologi Fakultas Biologi UGM pada 30 April 2017 lalu.
Sukabumi - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat menemukan sejumlah fakta adanya pencemaran merkuri di sejumlah wilayah. DLH mengakui ada temuan yang mengarah pada kadar kandungan merkuri di beberapa lokasi pengolahan emas oleh masyarakat, Selasa (6/2/2018).
Akibat Pencemaran Air
Pencemaran berakibat pada banyak hal negatif misalnya,
Dapat menyebabkan banjir
Erosi
Kekurangan sumber airsembaran
Dapat membuat sumber penyakit
Tanah Longsor
Dapat merusak Ekosistem sungai
Kerugian untuk Nelayan.
Di daerah manapun terjadi banyak pencemaran air, banyak masyarakat sekitar tidak bisa menjaga lingkungan nya. karena banyak yang buang sampah sembarangan dan banyak lagi, jadi 
Kita sebagai manusia senantiasa harus menjaga lingkungan kita. 
 oleh karena itu kita semua sebagai manusia harus benar-benar menjaga lingkungan sekitar kita, jangan malas untuk membuang sampah pada tempat nya dan lainnya terutama perairan karena manusia sangat bergantung pada lingkungan tersebut.

Ditulis oleh :

 Pipit Fitriyanti
 
Kelas: XI  ips 1 








Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog