Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

06 November 2018

KEPADATAN PENDUDUK INDONESIA


KEPADATAN PENDUDUK INDONESIA

 Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan salingberinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempatiwilayah geografi dan ruang tertentu. Indonesia selain mempunyai wilayah yang luas, juga mempunyai jumlah penduduk yang besar. Jumlah penduduk ini adalah perhatian serius bagi negara, sebagai contoh, pulau jawa yang luasnya hanya 7% dari luas negara Indonesia dihuni sekitar 60% penduduk Indonesia, kondisi ini mengakibatkan pulau Jawa terlalu kelebihan penduduk dibandingkan pulau-pulau lain. 

    di jakarta termasuk wilayah yang padat penduduknya(daerah khusus ibu kota jakarta)luas wilayah 47,90,jumlah penduduk 889.448 kepadatan per km-2 18.569.penyebab terjadinya kepadatan penduduk yang terjadi di wilayah jakarta Karena wilayah Jakarta adalah pusat pemerintahan.akibatnya adalah terjadi kepadatan penduduk salah satu contohnya adalah kemacetan.(solusinya) Mencadangkan Program Keluarga Berencana untuk mengatasi mebludaknya penduduk di Jakarta.Menciptakan Lapangan Pekerjaan untuk mengurangi pengangguran dan mengatasi kemiskinan.

    Di bandung termasuk kepadatan penduduk nya (jawa Barat)luas wilayah 167.30,jumlah penduduk 2.288.570 kepadan per km-2 13.679.penyebab terjadinya kepadan penduduk di wilayah bandung dikarenakan kota bandung adalah tempat wisata yang yang banyak dan indah sehingga banyak masyarakat yang ingin mengunjunginya.akibatnya adalah sering juga terjadi kemacetan di kota bandung(solusinya)Menerapkan usia kendaraan yang layak beroperasi khusunya bagi Angkutan Umum,Menambah Jalur Khusus untuk Roda 2 dan Roda 4 agar kemacetan dapat dikurangi.

    Di bekasi termasuk kepadatan penduduk nya (jawa barat)luas wilayah 210.49,jumlah penduduk 1.993.478,kepadatan per km-2 9.471. Penyebab terjadinya kepadatan penduduk di wilayah bekasi Karena banyak nya industri di kota bekasi.akibatnya penduduk dikota bekasi semakin banyak(solusinya)Sektor usaha di kota industri, diharapkan menghasilkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di kota tersebut serta meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat secara merata.

    Di yogyakarta termasuk kepadatan penduduk nya(daerah istimewa yogyakarta)luas wilayah 32.50,jumlah penduduk 433.539,kepadatan per km-2 13.340.penyebab terjadinya kepadatan penduduk di kota yogyakarta karena yogyakarta adalah tempat pariwisata dan banyak pemandangan yang sangat bagus dan sangat indah sehingga masyarakat sering mengunjungi kota yogyakarta,akibatnya sering terjadi kemacetan(solusinya) menambahkan jalur khusus untuk kendaraan roda 2 dan roda 4.
    
    Di Palembang termasuk kepadatan penduduknya(sumatra Selatan) luas wilayah 358.55 dengan kepadatan penduduk 4.800 per km-2,penyebab kepadatan penduduk di kota ini karena penduduk sudah terlalu banyak,dan juga sering terjadi kemacetan(solusinya) menambahkan jalur khusus untuk kendaraan roda 2 dan roda 4.

    Kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor kelahiran, faktor iklim dan tempat strategis, faktor ekonomi, dan faktor sosial. Diantara keempat faktor tersebut, faktor ekonomi dan faktor sosial adalah dua faktor yang paling berpengaruh terhadap terjadinya kepadatan penduduk di Indonesia. Dengan adanya kemajuan di bidang ekonomi, maka akan menyebabkan banyak terbukanya lapangan kerja di suatu wilayah yang menyebabkan penduduk berbondong-bondong untuk menetap di wilayah tersebut. Faktor sosial  juga dapat mempengaruhi terjadinya kepadatan penduduk karena jika suatu wilayah memiliki kondisi yang relatif tidak aman, maka wilayah tersebut hanya akan ditempati oleh beberapa penduduk saja.

    Kepadatan penduduk yang terjadi di Indonesia dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi manusia. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya Persaingan lapangan pekerjaan yang di sebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi dan tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah sehingga meningkatkan angka pengangguran di Indonesia. Banyaknya angka pengangguran pula dapat meningkatnya jumlah kemiskinan yang di sebabkan oleh kurang berkembangnya kreatifitas dari masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Untuk membuka lapangan kerja baru diperlukan tingkat pendidikan yang tinggi, sedangkan di negeri kita ini sarana pendidikan masih belum dapat dirasakan semua rakyatnya karena faktor kemiskinan.

   Dari seluruh uraian di atas, maka sudah jelas bahwa pengangguran adalah masalah besar yang harus segera dicarikan solusi. Langkah nyata yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan pemindahan penduduk dari wilayah yang padat penduduknya ke wilayah yang kurang penduduknya. Dengan upaya ini akan mengurangi jumlah kepadatan di wilayah yang padat penduduknya. 


Ditulis oleh :

wella tri maharani

Kelas :XI.ips 1















Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog