Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

11 November 2018

Pembegalan

PEMBEGALAN

      Pembegalan adalah sebuah aksi merampas di tengah jalan dengan menghentikan pengendaranya. Biasanya, pembegalan terjadi di jalanan yang jauh dari keramaian, perampok, penyamun, penggarong.Pembegalan biasanya terjadi karena ada kesempatan atau memang di rencanakan.Pembegalan sangat tidak di boleh kan karena banyak yang niat awalnya hanya ingin mengambil tetapi malah menjadi membunuh atau meninggal orang yang ingin di begalnya.

      Setelah menganalisis saya  mempunyai beberapa contoh yang  pertama adalah pada tanggal 27 Mei 2012 di kawasan industri terjadi pembegalan sebabnya adalah karena si pembegal tidak mempunyai keekonomian yang cukup, dan setalah kejadian mempunyai akibat yang merenggut  nyawa seseorang karena awalnya ia hanya ingin mengambil  barang berharganya,lalu ia nekat malah membacok badan sikorban dan meninggal,lalu ia mengambil barang berharga sikorban.

        Contoh kedua pada tanggal 18 Februari 2018 di daerah kampung wangkal pernah terjadi awalnya si pelaku itu melirik motor si korban yg di sampingnya,setelah sampai di tempat sepi,si pelaku langsung beraksi membegal motor si korban dengan menggunakan samurai dan golok,setelah si korban jatuh dan meninggal si pelaku langsung kabur membawa motor si korban tersebut.

        Contoh ketiga pada tanggal 20 mei 2017 di kalimalang awalnya si korban tidak sengaja tersesat di tempat sepi,lalu ia melihat di kaca spionnya ada segerombolan anak motor yang membawa senjata tajam seperti samurai,celurit,dan golok.Lalu si korban merasa takut dan ngebut membawa mobil,karena tidak sempat si pelaku mendekatkan ke mobilnya dan menghalang mobil si korban dan menghancurkan kaca mobilnya lalu si pelaku merebut mobilnya secara paksa.

       Contoh keempat pada tanggal 14 april 2009 kejadian di kawasan MM 2100 sama saja awalnya hanya ingin mengambil motor dengan paksa,lalu si pelaku nekat,ia malah membacok tangan si korban dari samping sehingga jatuh dan terseret lalu meninggal,dan si pelaku membawa motor si korban lalu langsung kabur.

        Dan contoh terakhir pada tanggal 19 November 2010 di jalan raya telaga murni tadinya si korban salah jalan,si korban malah melewati tempat sepi pada saat itu,setelah di pertengahan jalan si korban terkejut ada orang yg keluar dari pohon tersebut dan memalang si korban dengan senjata tajam berupa samurai, lalu si korban di bacok di tempat dan si pelaku mengambil motor si korban dan membawa kabur entah kemana.

        Penyebab pembegalan antara lain yaitu untuk merampas dengan paksa faktor ekonomi,pergaulan bebas,tidak mempunyai pendidikan yang cukup,susahnya mencari pekerjaan,faktor kebebasan dan kurang kasih sayang orang tua.

      Adapun akibatnya yaitu,kehilangan nyawa,kehilangan barang berharga,semakin banyak pengangguran,lemahnya ekonomi rakyat Indonesia, munculnya keresahan di lingkungan masyarakat. Jadi pembegalan itu sebuah aksi merampas di tengah jalan dengan menghentikan pengendaranyapembegalan biasanya terjadi karena ada kesempatan atau memang di rencanakan.

Jadi berhati-hatilah, jangan pergi atau pulang terlalu malam, jika keadaan tidak terlalu mendesak. Lindungi barang berharga dan jangan melewati jalan yang terlalu sepi karena itu termasuk tempat persembunyian begal.

Nama : Adib Rifki Al Mahdi
Kelas : XI IPS 3






Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog