Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

11 November 2018

Demonstrasi

Demonstrasi

Demo, unjuk rasa, atau Demonstrasi merupakan aksi protes yang dilakukan sekumpulan orang dihadapan umum. Hal ini boleh dilakukan apabila tidak ada perbuatan anarkis didalamnya. Demonstrasi dapat berdampak baik, tetapi juga dapat berdampak buruk bagi para demonstran. Demonstrasi biasa dilakukan oleh para buruh, atau Mahasiswa.

Demonstrasi disebabkan karena adanya beberapa faktor seperti adanya penyimpangan dalam sistem, terjadinya perubahan dalam sistem yang inkonstitusional, tidak berfungsinya sistem yang dipilih, dan adanya aspirasi masyarakat yang belum dipenuhi oleh para pengelola negara. Salah satu aksi unjuk rasa yang sangat ramai di bicarakan beberapa saat yang lalu adalah buruh pabrik melakukan mogok kerja, demi kenaikan gajinya. Mereka menuntut gaji sesuai UMK. Mereka mulai merusak pagar gedung pemerintah, berkeliling kota hingga menggangu lalu lintas, bahkan hingga membakar barang - barang yang ada di sekitar. Tak jarang hal - hal ini membuat polisi naik pitam, sehingga terjadi bentrokan yang besar antara kelompok pemberontak dengan para polisi.

Seperti di tahun 1966 juga terjadi demo besar-besaran. Unjuk rasa yang dimotori oleh mahasiswa ini menyerukan tiga tuntutan kepada Presiden Soekarno. Tiga tuntutan yang waktu itu diserukan adalah pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya, perombakan kabinet Dwikora, dan menurunkan harga sembako. Demo ini juga tercatat di sejarah sebagai demo besar yang terjadi di era Presiden Soekarno.

Selain itu, demonstrasi yang terjadi di tahun 1998 adalah salah satu demo tersebar sepanjang sejarah Indonesia. Demo yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai penjuru ini menuntut Presiden Soeharto untuk turun dari jabatan. Demo besar ini juga memakan banyak korban dan menjadi ketakutan bagi warga Indonesia. Unjuk rasa yang menyebar sampai pelosok daerah ini terjadi serentak di Indonesia. Kerusuhan dan unjuk rasa ini menelan banyak korban jiwa dan kerugian material.

Demo Malari merupakan insiden yang terjadi tanggal 15 sampai 16 Januari 1974 ini juga menjadi salah satu demonstrasi besar yang pernah terjadi di Indonesia. Lagi-lagi demonstrasi ini meminta pemerintah untuk menurunkan harga sembako dan mengurangi investasi dari luar negeri. Aksi turun ke jalan ini juga berakhir dengan kerusuhan besar.

Hari Buruh Internasional yang selalu jatuh di tanggal 1 Mei ini identik dengan demonstrasi. Di Indonesia demo buruh ini selalu dipenuhi dengan unjuk rasa. Demo buruh ini dari tahun ke tahun jumlah pendemonya selalu bertambah. Biasanya para pendemo datang dari berbagai daerah, dan biasanya mereka menuntut kesejahteraan kaum buruh.

Pada tahun 2016 juga terjadi demo cukup heboh dan diikuti oleh lebih dari satu juta orang. Demonstrasi yang juga diikuti oleh pendemo dari seluruh Indonesia ini menyuarakan tuntutan memenjarakan Ahok karena kasus penistaan agama. Demo yang dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat yang awalnya berlangsung damai ini akhirnya berlangsung ricuh. Bahkan sampai ada korban jiwa dan kerugian material lain.

Sebaiknya masalah seperti ini dapat di pertanggung jawabkan, dan di bahas dengan cara yang baik dan benar. Dan pemerintah dapat menemukan jalan tengah yang adil, sehingga demo tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Nama : Anastasya Hananesca Rosyadha
Kelas : XI IPS 3









Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog