Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

11 November 2018

Penyalahgunaan Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba

   Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan atau penelitian serta digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar. Obat-obatan yang biasa disalahgunakan seperti narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

            Contoh pertama Peningkatan jumlah kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kota pendidikan ini terungkap saat Satuan Reserse Narkoba Polres Malang Kota, melakukan pemusnahan barang bukti berbagai jenis narkoba pada Selasa (15/8/2017).

             Contoh kedua adalah "satu pelajar berinisial PS ditangkap saat mengkonsumsi ganja di sebuah rumah di Cibuluh, Bogor Utara. Sementara satu pelajar lainnya, ditangkap di lokasi yang berbeda," kata Kapolres Bogor Kota AKBP Bahtiar Ujang Purnama di Mapolres Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat Kota Bogor, Senin (28/4/2014).

             Contoh ketiga selanjutnya adalah 2 mahasiswa yang diamankan polisi adalah pemuda berinisial AN (21) dan sebut saja Iam (23) (17/52015). "Dari keduanya diamankan barang bukti berupa ganja seberat 535 gram dan sabu seberat 0,70 gram," jelas Bahtiar.

            Contoh keempat Iwa Kusuma, penyanyi rapper era 90 an ini kedapatan membawa ganja dalam bungkus rokok di terminal Soekarno Hatta 18 April 2013 lalu. Sebanyak tiga linting ganja yang dicampur rokok dengan berat 1,485 gram membuat dirinya ditangkap. Pelantun tembang Bebas ini kemudian di vonis selama enam bulan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Cibubur Jakarta Timur pada persidangan September lalu.

           Contoh kelima yang terakhir adalah Artis yang terkenal lewat berbagai perannya di film komedi ini, salah satunya sebagai Indro dalam Warkop DKI Reborn, ditetapkan sebagai tersangka penyalagunaan psikotropika sejak ditangkap Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis (3/8/2017) lalu. Tora bersama sang istri Mieke Amalia kedapatan memiliki psikotropika jenis dumolid sebanyak 30 butir.

         Ada beberapa faktor pribadi yang bisa menyebabkan remaja terlibat penyalahgunaan narkoba yaitu mental yang lemah, strees dan depresi, ingin tahu dan coba-coba, mencari sensasi dan tantangan. Penyebab penyalahgunaan narkoba juga bisa terjadi karena keluarga, broken home,  terlalu memanjakan anak, kurang nya perhatian orang tua kepada anak. Lingkungan dan pergaulan sosial juga sangat mempengaruhi kepribadian dan moral seseorang, baik buruknya juga bisa terlihat bagaimana lingkungan dan pergaulan seseorang yaitu salah bergaul dan ikut-ikutan.

           Penyalahgunaan narkoba terjadi akibat salah pergaulan dan rasa keingintahuan yang kuat serta kemudahan dalam mendapatkan obat-obatan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Yang pertama, faktor diri yaitu faktor yang ditimbulkan dalam diri orang tersebut seperti mencoba-coba kerana penasaran dan keinginan untuk bersenang senang. Yang kedua, faktor lingkungan yaitu faktor yang berasal dari lingkungan disekitarnya seperti keluarga bermasalah dan bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba. Yang ketiga, faktor ketersediaan narkoba seperti narkoba semakin mudah didapat dengan harga yang terjangkau dan bisnis narkoba menjanjikan keuntungan yang besar.

           Untuk teman-teman semua, terutama untuk kalian yang masih duduk di bangku sekolah jauhilah narkoba, jauhilah pergaulan yang buruk.Sebab pergaulan yang buruk akan membawa kita kejalan yang buruk.oleh karena itu jangan pernah anda mencoba atau mengenal narkoba.

Nama : Mahesa
Kelas : XI IPS 3


Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog