Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

02 Oktober 2018

RAJA JALANAN


Raja jalanan

          Raja dari jalanan. Raja jalanan juga disebut pengguna kendaraan yang semena-mena dan seenaknya menggunakan jalan dan menghalal kan lawan arah walupun  itu temasuk tindakan pelanggaran lalu-lintas.  Raja jalanan pada kasus ini adalah lawan arah penggunna kendaraan roda dua maupun yang roda empat yang sama-sama punya pelanggaran dalam menggunakan hak nya dalam menggunakan jalanan yg sifatnya umum.

         Sebagai contoh lawan arah ini ada beberapa kasus yang sudah dilanggar para pengguna kendaraan yang salah melintas pada jalurnya. Pertama, Penyebab lawan arah ini dikarenakan para pengguna kendaraan lebih memilih melawan arah jalan karena tujuan nya lebih dekat seperti contoh di dekat daerah perumahan di cikarang baru dari arah jalan kasuari dan kedasih dan sebaliknya. Dengan lawan para pengguna jalan ini banyak atau sering terjadi kemacetan karena melawan arah .

         Kedua, kasus selanjutnya sering terjadi di jalan besar di cikarang baru di daerah kalimalang dari arah jl. rusa sampai sepanjang kalimalang yang banyak sekali menumpuknya kendaraan yang ada di jalanan. Sebab banyaknya kendaraan menumpuk, lawan arah juga banyak juga menjadi pilihan para pengendara dengan mencari opsi melewati jalur yang lain yang cukup lancar. Sisi negatif dan terjadi akibat ramainya kendaraan lalu disertai banyaknya pengendara yang lawan arah, maka tingkat kecelakaan bisa saja bertambah atau meningkat dikarenakan banyaknya kendaran dan pengguna kendaraan yang melawan arah
.
        Ketiga, pada kasus ini banyak sekali terjadi di daerah perkotaan yang banyaknya pengecoran membangun gedung di ruko-ruko dekat stadion wibawa mukti, seperti pembangunan jalan layang di dekat jurong  dan infrastruktur gedung besar di pencenongan dari arah tropicana menuju stadion, sempu gardu sampai jurong, dari RS harapan keluarga sampai jl kasuari raya yang  yang bisa memakan separuh atau lebih jalanan. Disebabkan dengan alasan yang jelas, yaitu pembangunan yang memakan hampir atau lebih jalanan maka para pengguna kendaraan lebih memilih melawan arus yang menjadi pilihan tepat menghindari kemacetan . Sisi buruknya pada kasus yang seperti ini bisa saja mengakibatkan kemacetan yang berlebih karena jalur jalan yang diperkecil karena pembangunan.

        Keempat, Kasus selanjutnya ini banyak sekali di alami pengendara yang mengantuk dan akhirnya tertidur di kendaraan dan bisa menjadi sebuah insiden kecelakaan yang terjadi di daerah terminal cikarang terutama di arah terminal cikaran ke tambun dan sebaliknya. Karena kecelakaan yang terjadi kemungkinan besar jalanan bisa ditutup sementara atau di menutup sebagian jalan yang di jalur tersebut, sehingga para penggendara kendaraan lebih memilih lawan arah daripada melanjutkan perjalanan yang ditutup atau setengah ditutup karena kecelakaan. Akibat dari lawan arah ini seperti tingkkat kecelakaan di jalanan tersebut bisa bertambah karena pengendara yang menhindari kemacetan yang terjadi.

        Kelima, Kasus terakhir yang seringkali orang lihat di daerah tertib lalu-lintas. Seperti penerapan razia atau operasi yang dilakukan polisi di sekitaran daerah dekat presiden university dan di dekat daerah polsek dari arah movieland ke arah jurong dan untuk semua kalangan pengendara kendaraan agar lebih cerdas saat berkendara, baik yang roda dua yang harus menggunakan helm dan roda empat yang harus menggunakan sabuk pengaman. Dikarenakan adanya operasi yang di berlakukan oleh polisi banyak pelanggar yang roda dua yang sering dijumpai tidak menggunakan helm dan lebih memilih melawan arah untuk menghindari operasi tertib lalu-lintas. Dikarenakan banyak pelanggar menghindari operasi polisi ini maka bisa saja terjadi kejadian yang tidak di ingginkan, seperti kecelakaan, tabrakan dan lainnya.

       Dilihat dari beberapa kasus dan terjadi di jalanan banyak sekali dampak negatif dari melawan arah seperti, kecelakaan, tabrakan, dan emosi yang tak terkendali akibat banyak pengguna kendaraan yang melawan arah. Oleh karena itu adaya operasi atau razia seharusnya diberlakukan demi kelancaran dan keamanan bagi pengguna kendaraan baik roda empat dan roda dua.

        Opsi terbaik bagi kendaraan yang tidak sabar dengan keadaan macet dan alasan lain-lain bisa melewati jalan lain dan jangan melawan arah. Jika melawan arah terjadi dan banyak dilakukan pengendara, maka tingkat kecelakaan bisa bertambah dan meningkat setiap adanya pelanggaran lawan arah. Sepeti slogan polisi yang sering terpantau di pinggir jalan “taat dan tertiblah berlalu lintas” dengan adanya slogan ini haruslah pengendara mematuhi rambu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nama         : Akhdan Naufal MD.

Kelas : XI IPS 4








Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog