Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

02 Oktober 2018

MENYONTEK

Menyontek Aja Terus!!!

Menyontek adalah perbuatan yang menggunakan cara-cara yang tidak sah untuk tujuan yang sah dan terhormat yaitu mendapatkan keberhasilan akademik untuk menghindari kegagalan akademik atau dalam teks aslinya cheating is manifestation of using illigitimate means to achieve a legitimate end (achieve academic success or avoid academic failure). Pengertian menyontek menurut Purwadarminta adalah sebagai suatu kegiatan mencontoh/ meniru/ mengutip tulisan, pekerjaan orang lain sebagaimana aslinya tanpa seizin pemiliknya. 

Ada 4 bentuk menyontek, pertama individual-opportinistic yaitu menyontek dengan mengganti jawaban ketika ujian/tes sedang berlangsung dengan menggunakan catatan ketika guru keluar dari kelas, kedua independent-planned yaitu menyontek dengan membawa jawaban telah dipersiapkan dengan menulisnya terlebih dahulu sebelum ujian, ketiga social-active yaitu dimana siswa mencopi/melihat jawaban orang lain, keempat social-passive yaitu menyontek dengan mengizinkan orang lain melihat/mengcopi jawaban

  Si A sedang mengerjakan ujian akhir semester bulan oktober 2015 di SMP ELH. tetapi dia tidak tahu jawabannya dan terpaksa dia harus menyontek ke teman yang berada di sampingnya dan si A pun ketahuan oleh pengawas ruangan dan ketika si A ditanya oleh pengawas apa sebab ia menyontek, sebab ia menyontek karena tidak belajar dan akibatnya dia dikeluarkan dari kelas dan tidak mengikuti ujian yang sedang berlangsung.

  Si B sedang ada ujian akhir bulan juni 2016 semester di SMP ELH tetapi si B tidak belajar dan ketika ujian mulai ia menyontek langsung di HP dan akibatnya dia ketahuan oleh guru yang sedang mengawas lalu guru itu mengambil HP si B dan menyita HP nya selama sebulan.

  Si C sedang mengerjakan ulangan harian hari rabu september 2018 di SMAN CU dia sudah belajar dengan giat tetapi dia tidak percaya diri dengan jawabannya akhirnya dia menyontek ke teman yang disampingnya, sebab dia menyontek karena tidak pernah percaya diri dengan semua yang ia lakukan, akibatnya pun dia tidak akan pernah percaya dengan semua hal yang dia lakukan.

   Si D ketika ulangan harian hari senin 24 september 2018 di SMAN CU dia selalu saja menyontek sifat buruknya adalah kebiasaan menyontek, sebab dia menyontek karena malas belajar dan tidak pernah mendengarkan penjelasan guru, akibatnya dia akan selalu malas dalam melakukan hal kecil maupun hal besar.

 Si E menyontek di buku ketika sedang ulangan bahasa sunda hari senin september 2018 di SMAN CU dia memang sudah biasa seperti itu alasan dia menyontek karena ingin mendapatkan nilai tinggi dan dipuji oleh temannya, akibat dari kebiasaannya itu membuat dia malas untuk belajar karena sudah biasa menyontek dan hanya ingin mendapatkan pujian dari temannya

Menyontek kebanyakan disebabkan karena tidak belajar/malas untuk belajar dan adapun akibatnya rata-rata dihukum oleh guru. “Janganlah menyontek jika kalian ingin mendapatkan nilai bagus maka belajarlah, jika kalian sulit untuk belajar mintalah tolong kepada orang yang sudah mengerti dengan pelajaran tersebut”.

Nama : Noviana Gita Ramandhani
Kelas : XI IPS 4








Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog