Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

07 Oktober 2018

Kelangkaan bahan bakar minyak

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM)

BBM atau bahan bakar minyak adalah bahan bakar yang berbentuk cairan yang digunakan sebagai sumber energi untuk kendaraan bermotor. BBM di peroleh dari hasil penyulingan minyak bumi. Minyak bumi sendiri terbentuk dari pelapukan tumbuhan dan hewan yang telah mati ribuan hingga jutaan tahun yang lampau dan mengendap di dalam tanah. Kelangkaan BBM adalah suatu kondisi dimana sulitnya untuk mendapatkan BBM di berbagai wilayah, dan mengakibatkan harga BBM menjadi naik.

Agar bisa menjadi bahan bakar minyak, minyak bumi harus di suling terlebih dahulu. Minyak bumi yang akan melalui proses penyulingan ini di sebut dengan istilah minyak mentah. Untuk mendapatkan minyak mentah harus di lakukan pengeboran. Tidak sembarang tempat bisa di bor. Karena tidak semua tempat di bumi memiliki kandungan minyak bumi. Karena itu sebelumnya melakukan pengeboran, para ahli akan melakukan pencarian atau eksplorasi. Eksplorasi ini biasa nya hanya bisa di lakukan oleh geologis. Indonesia kaya akan minyak bumi, tapi kekurangan tenaga ahli dan peralatan berat. Karena itu banyak perusahaan asing yang masuk ke indonesia khusus untuk menambang minyak bumi nya. Berikut ini beberapa contoh, sebab dan akibat kelangkaan BBM.

BBM langka, Pada tanggal 11 juni sampai dengan 17 juni telah terjadi kelangkaan BBM di papua.Di sebabkan pendistribusian BBM yang terlambat, mengakibatkan naiknya harga BBM. 

Demo di mamere, Pada tanggal 18 agustus 2015 telah terjadi demo di mamere. Di sebabkan kelangkaan BBM, mengakibatkan sejumlah aktivitas warga yang biasa di lakukan terhenti .
Perusahaan merugi, Pada tanggal 27 september 2014 beberapa perusahaan besar mendapatkan kerugian besar. Di sebabkan kelangkaan BBM, mengakibatkan tidak dapat produksi karena BBM langka BBM sendiri merupakan  bahan bakar utama mesin PT tersebut.

Unjuk rasa, Pada tanggal 1 oktober 2011 telah terjadi unjuk rasa yang di lakukan supir angkot dan supir angkutan umum lainnya. Di sebabkan kelangkaan BBM, mengakibatkan mereka tidak dapat menarik penumpang dan tidak bisa mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Tersendatnya transfortasi , Pada tanggal 27 februari 2016 telah terjadi tersendatnya transfortasi di daerah tulang bawang lampung. Di sebabkan kelangkaan BBM, mengakibatkan sejumlah aktivitas warga terhenti dan supir angkutan umum dan angkot pun tidak dapat menarik penumpang. 

penyebab kelangkaan BBM yaitu pendistribusian BBM yang lambat, kelangkaan BBM. Adapun akibatnya adalah naiknya harga BBM, sejumpah aktivitas warga terhenti, perusahaan besar mendapat kerugian besar karena tidak dapat produksi, tidak dapat menarik penumpang dan tidak bisa mencari nafkah.

Kelangkaan BBM adalah bahan bakar yang berbentuk cairan yang di gunakan sebagai sumber energi untuk kendaraan bermotor. BBM di peroleh dari hasil penyulingan minyak bumi. Minyak bumi sendiri terbentuk dari pelapukan tumbuhan dan hewan yang telah mati ribuan hingga jutaan tahun yang lampau dan menhendap di dalam tanah. Oleh karena itu kita harus menghemat untuk pemakaian BBM agar tidak terjadi kelangkaa.

Nama : Monica Revalina Ariani
Kelas : XI ips 3
 






Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog