Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

07 Oktober 2018

Apatisme di lingkungan rumah

Apatisme di lingkungan rumah


Apatisme adalah ketidakperdulian suatu individu dimana mereka tidak memiliki perhatian atau minat khusus terhadap aspek-aspek tertentu seperti aspek fisik, emosional, dan kehidupan sosial.Sikap apatisme tuh hampir sama dengan individulisme umumnya dia itu tidak perduli dengan orang lain yang berada di sekitarnya.



Contohnya kasus ketidakperdulian Pak U terhadap tetangga yang lewat depan rumahnya pada tanggal 21 Juli 2018 di kaplingan jagawana jl. Al-ikhlas , dia selalu bersikap tak acuh pada tetangga lainnya misalkan ada yang menyapanya dirinya, memberi senyum padanya ia malah mencemberutinya membuat orang lain merasa jenuh menyapa karena memberi senyum saja tidak di harga.



Kasus penyendirian R terhadap tetangga lainnya pada tahun 2016 di perumahan Puri Cikarang Asri , dengan sikapnya yang terus saja menyendiri membuat orang lain merasa enggan untuk bersosialisasi dengannya karena dia tidak mau mengobrol dengan satu orang pun di dekatnya sehingga membuat orang lain menjauhi dirinya.



Kasus Pak L yang tidak mau membantu tetangga saat kesusahan pada tanggal 4 Desember 2016 di kaplingan Al- Istiqomah, pada saat itu ada tetangga sebelahnya meminta pertolongan dirinya untuk membawa adiknya ke rumah sakit , karena saat itu ayahnya berada di luar kota. Namun dia hanya diam saja pertanda ia tidak mau mengantarkannya ke rumah sakit, akhirnya pada saat itu juga nyawa si adik pun tidak tertolong dan akhirnya dengan kejadian ini karena banyak yang tau sisi negatifnya dia pun selalu di abaikan oleh para tetangga lainnya.



Kasus Pak O yang tidak mau mengikuti kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah pada tanggal 23 September 2018, di perumahan Puri Cikarang Asri dia selalu saja ada di rumah karena kerjanya siang dan malam  tapi setiap di adakan kerja bakti di lingkungan rumah dia tidak pernah mau mengikutinya dan hanya menonton TV dengan pintu terbuka membuat tetangga resah dengan sikapnya dan akhirnya dia di omongi para tetangga.



Kasus Bu I pada tanggal 6 agustus 2018, di jagawana gang Al-ikhlas yang setiap hari Senin di laksanakan pengajian yang berisi ceramah ia bukannya sibuk mendengarkan malah mengeluarkan handphone dari tasnya dan dia terus saja asyik memainkannya padahal ada orang yang sedari tadi menyampaikan isi ceramahnya, akhirnya dengan kejadian ini Bu Ika di tegur sama guru penceramahnya agar tidak memainkan handphone saat orang berbicara.



Kesimpulan dari semua contoh di atas, apatisme disebabkan oleh ketidakperdulian, penyendirian, tidak mau menolong orang yang ke susahan, tidak ikut kerja bakti dan tidak menghargai orang yang sedang berbicara. Adapun dampak yang ditimbulkan dari sikap apatisme adalah tidak di hargai, di jauhi oleh orang lain, dan di omongi para tetangga. Sebaiknya jangan lah jadi orang yang apatis, karena sesungguhnya manusia membutuhkan manusia lainnya dalam hidup, karena sejatinya manusia hanyalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain.

Nama : Salsabila Sayidina
Kelas : XI IPS 3






Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog