Usaha Memahami
Keberhasilan SEO
Meningkatkan ketrampilan SEO (Search Engine Optimization) selalu mewarnai kegiatan hampir semua web-master (pemilik web/blog). Apapun pemahaman web-master atas hal ini, SEO tetap merupakan motivasi untuk meningkatkan kualitas web/blog (meski dalam prakteknya, justru malah sering menurunkan kualitas web/blog jbs.).
Perbedaan dalam mengartikan (dan memahami) SEO, telah memunculkan berbagai tehnik (trick) untuk mencapai The Successfully SEO.
Purpose & Goal SEO setiap web-master bisa berbeda, ini sangat tergantung pada pemahaman masing-masing. Ada yang menganggap final-terminology SEO adalah tinginya Google Page Rank (PR), sementara yang lain menganggap bahwa SEO adalah rendahnya (kecilnya) angka Alexa.
Tak ada yang salah sama sekali, sebab hal-hal di atas memang merupakan komponen penting dalam SEO. Komponen penting, artinya bukan merupakan tujuan utama (final purpose). Lebih tepat dianggap sebagai sebuah Goal dalam usaha meraih Final Purpose -nya.
The biggest question is,
what is the final target/purpose
of SEO?
Google Page Rank (PR)
Sangat bisa diterima, bahwa pemberian PR (oleh Google) di-dasarkan pada "popularitas" suatu (halaman) web/blog. Sangat logis.
Tetapi, jika popularitas hanya diukur dari jumlah backlink (yang berkualitas sekalipun), maka memperoleh PR akan menjadi hal yang "mudah". Betapa tidak.
Hanya dengan meninggalkan "komentar profesional" pada suatu artikel web/blog Do-follow, ber-PR tinggi, dan ber-thema sama dengan halaman blog kita, maka kita akan mendapatkan high quality one-way backlink ! Tanpa harus melakukan link-exchange. Betapa mudahnya pekerjaan Master-SEO.
Faktanya, Google PR tidak akan mengundang (Real) visitor ke web/blog kita. Tetapi kemungkinan bisa menarik minat para advertizer untuk menjadikan Anda sebagai publisher -nya.
Alexa Traffic Rank
Angka trafik Alexa dihasilkan dengan komputasi rumit, melibatkan jumlah visitor, akses halaman, serta populasi situs di suatu area (region) dalam suatu satuan waktu tertentu. Tetapi pada dasarnya merupakan kalkulasi kepadatan-lalu lintas (traffic) dalam suatu web/blog.
Inipun tak akan sulit diraih, sebab di sini tidak akan dibedakan, apakah traffic dihasilkan oleh unique -visitor atau bouncing -visitor. Seorang web-master yang rajin melakukan blog-walking sepanjang hari, pasti akan mudah memiliki Alexa yang "ramping". Alangkah berat & membosankan-nya menjadi Master-SEO yang begini.
Faktanya, jumlah visitor yang tinggi lah yang akan merampingkan Alexa. Terbaliknya pemahaman ini, akan membuat web-master melakukan hal-hal yang irasiona.
Membuat artikel/posting tentang Alexa, dipercaya akan merampingkan indikator Alexa. Wow …! Alexa adalah suatu proffessional company, dimana (mesin) Alexa tidak memiliki emosional-sense selayaknya kita manusia. Lakukan saja SEO sesuai sistem kalkulasi Alexa, maka indikator Alexa akan menjadi ramping.
Jangan lakukan hal hal yang membuat Anda tampil bodoh dan membuang waktu. Web/blog ber PR-2/lebih, tetapi sepi dari kunjungan visitor. Sementara itu, ada blog PR-0/1 dengan 200-300 lebih visitor/hari.
Web/blog dengan Alexa ramping, tetapi harus mati-matian blog-walking. Sementara itu ada blog yang juga ber Alexa ramping, tapi jarang atau sekedarnya saja dalam blog walking (tanpa maksud men-diskredit kan blog-walking).
Apapun terminologi SEO yang diberikan oleh setiap web-master (pemilik web/blog), pada akhirnya semua akan mengarah pada volume visitor (terutama Real Visitor) ke web/blog tsb. dalam suatu satuan waktu (time base).
Volume (jumlah) visitor tinggi memiliki 2 (dua) makna:
- Jumlah visitor tinggi (Alexa ramping) karena web master rajin mengundang mereka untuk hadir, misalnya dengan blog walking menulis "undangan" dalam Guest-book.
- Jumlah visitor tinggi (Alexa ramping) meski web-master tidak mengundang mereka menggunakan Guest-book dengan blog-walking; visitor datang langsung dari proses yang terjadi dalam Search Engine.
SEO disebut sukses
bila jumlah visitor selalu meningkat secara signifikan dari waktu ke
waktu. Tak peduli, apakah web-master nya seorang blog-walker atau bukan,
dan tak peduli pula apakah web/blog tsb. punya PR tinggi dan ber-Alexa
ramping atau tidak. Karena logikanya, PR dan Alexa hanyalah "buku-rapor"
tentang SEO. Sayangnya, keduanya tidaklah sempurna dalam memberikan
gambaran keberhasilan SEO yang murni.
Jumlah
Real-Visitor, inilah tolok-ukur keberhasilan suatu tindakan SEO. Perlu
diingat, bahwa SEO pada dasarnya adalah tindakan optimasi untuk web/blog
Monetasi.
Web/blog
yang di-fungsikan sebagai sarana bisnis bernilai ekonomis secara
online. Web/blog seperti ini sangat mengutamakan jumlah visitor
(potencial visitor).
Dalam
hal ini, SEO lebih mengarah pada SEM (Search Engine Marketing). Jika
orientasi web/blog Anda adalah situs-monetasi, maka SEO mutlak
diperlukan.
Dengan terminasi ini, jika kita nge-blog hanya sebagai hiburan atau kegiatan tanpa mengandung tujuan ekonomis, maka SEO bukan hal wajib. Terkecuali Anda memang ingin memanfaatkan web/blog untuk belajar SEO. Atau sekedar berbangga diri dengan PR tinggi dan Alexa ramping.