Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

01 Oktober 2018

Kemacetan

Kemacetan di kota
  Banyak kemacetan yang terjadi dikota Termasuk di kota Jakarta,Bisa disebabkan karena Arus yang melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan, Terjadi banjir sehingga kendaraan memperlambat kendaraan, Ada perbaikan jalan, Bagian jalan tertentu yang longsor, Adanya rumah-rumah kumuh/bangunan liar Dll.
Kemacetan  punya arti yaitu:
n hal (keadaan) macet: pawai itu mengakibatkan ~ lalu lintas
n Komp keadaan ketika tuntutan komunikasi atau pengolahan lebih besar daripada kapasitas sistem.

Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta.

Kemacetan dikota jakarta, ruas jalan jauh di bawah kebutuhan normal yang seharusnya 20 persen dari total luas kota. Saat ini, lahan jalan Jakarta hanya 6,2 persen saja dari total lahan. Akibatnya jalanan semakin sempit sedangakan jumlah kepadatan penduduk meningkat Jakarta,kemacetan ini terjadi sekitar bulan maret tahun 2018.

Kemacetan yang semakin memburuk juga terjadi di Bandung. Musim liburan membuat Kota Bandung dianggap tidak siap untuk menjadi kota wisata. Maraknya parkir liar membuat kemacetan semakin tidak terkendali. "Seharusnya melihat taman bukan sekadar ruang terbuka hijau tetapi harus memikirkan parkirnya di mana? Parkir di sisi jalan, PKL ada di sekitar situ, macet lagi. Jadi taman sumber kemacetan, asalnya mau refereshing malah jadi stress," kata anggota DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi, saat dihubungi di Bandung, Senin, 1 Januari 2018.

Kemacetan Kota Malang sudah semakin menjadi-jadi sekitar tanggal 05 maret 2016. Kemacetan di Kota Malang bisa kita tinjuau dari beberapa hal. Pertama, kawasan kota ini terletak pada jalan poros, sehingga kendaraan dari berbagai daerah yang hendak menuju Kota Surabaya dan sebaliknya, dari Surabaya mengarah ke kawasan selatan melintasi Kota Malang. Hal ini tentu membuat aktifitas lalu lalang kendaraan menjadi padat setiap harinya.Cara mengatasinya harus ada solusi alternatif ke arah Kota Batu sehingga kendaraan yang akan ke kota wisata itu tidak melintas di tengah kota sehingga terjadi penumpukan kendaraan. Akan tetapi kita juga bisa mengamati perkembangan kota besar seperti Jakarta yang banyak memiliki jalan tol sebagai solusi. Karena itu perlu beberapa hal untuk dikaji bersama baik tataran eksekutif maupun legislatif.pemerintah dan seluruh jajaran harus ikut aktif dalam percepatan Jalan Tol Malang – Pandaan (Mapan) yang menjadi alternatif solusi untuk memecah kendaraan yang masuk ke Kota Malang melalui kawasan Balearjosari.

 Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat, AKBP Suyudi Ario Seto mengatakan, ada delapan permasalahan yang menyebabkan kemacetan yang perlu diantisipasi pada libur Natal dan Tahun Baru 2017 dari sekitar tanggal 22 desember 2016 sampai tanggal 05 januari 2017. Cara mengatasinya cara bertindak yang akan dilakukan aparatnya, yakni mengatur lalu lintas di titik-titik kemacetan, melakukan pengalihan arus, rekayasa lalu lintas.

Adapun hingga saat ini 15 september 2017  Kota Bekasi, belum bisa lepas dari persoalan kemacetan. Dan kini, titik kemacetan di daerah tersebut justru bertambah. Penyebabnya meningkatnya volume kendaraan yang menjadi sumber utama masalah kemacetan. Cara mengatasinya membangun fasilitas infastruktur yang komplit, mengurangi tinggat volume kendaraan

Kesimpulannya penyebab dari semua kemacetan antara lain yaitu: Ruas jalan jauh dibawah kebutuhan normal, maraknya parkir liar, penumpukan kendaraan, kemacetan pada waktu liburan, meningkatnya volume kendaraan. Adapun akibat dari kemacetan tersebut adalah jalanan semakin sempit sedangakan jumlah kepadatan penduduk meningkat,Maraknya parkir liar membuat kemacetan semakin tidak terkendali, Jalur utama menjadi macet sehingga harus melewati jalur artenatif, adanya pengalihan arus dan rekayasa lalu lintas.
Oleh karena itu kita harus menggunakan fasititas dengan baik, Menjalani aturan lalu lintas dengan baik untuk mencegah terjadinya kemacetan. Pemerintah dan aparat keamanan juga harus bertindak untuk mengatasi kemacetan yang terjadi kota, pertambahan penduduk juga semakin mempengaaruhi kemacetan, Tidak tegasnya aturan lalu lintas misalnya parkir sembarangan, kita juga harus memenuhi peraturan yang ada.





Nama: CEMPAKA PAMULARSIH
Kelas: 11 IPS 5 BI
 








Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog