Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

07 Oktober 2018

Kekerasan dalam rumah tangga

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)
 
Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kerap saja terjadi di lingkungan kita, pelakunya kebanyakan pria yang dominan dalam hubungan rumah tangga.Kekerasan dalam rumah tangga itu sendiri memiliki arti yaitu tindakan atau sikap yang dilakukan dengan tujuan tertentu sehingga merugikan perempuan baik secara fisik maupun psikis. 

Contoh pertama terjadi pada Jum'at,13 Oktober 2017 jl.Tanah Merdeka,ciracas, Jakarta timur.Penganiayaan yang dilakukan oleh tersangka bernama Arkon, terhadap istrinya bernama Lasmawati. Korban di bacok pada bagian tangan dan kepala, lalu korban di seret hingga roboh dan diseret ke jalanan aspal karena cemburu berlebihan.

Contoh kedua suami bacok istri 12 kali hingga tewas. Lantaran cemburu dan tidak mau ditinggalkan oleh istrinya, seorang suami di RT 01, Kelurahan Pasar Muara Beliti, Kec.Muara Beliti, Kab. Musi Rawas nekat menghabisi nyawa istrinya dengan sadis, Senin 4 Desember 2017.Peristiwa tersebut bermula dari kecemburuan suami terhadap korban yang ingin kabur dari rumah. Suami korban mencegahnya pergi dari rumah dengan mengunci pintu. Namun, korban berhasil merebut kunci dari tangan pelaku. 

Contoh ketiga pada Kamis 4 Januari kemarin,saat itu pasangan suami istri (Pasutri) yang menikah pada 14 Juli 2017 itu sedang duduk di lantai seraya bersenderan ke tembok di kediamannya, Jl. Tanah Tinggi Gang XII, Tanah Tinggi, Johar Baru Jakarta Pusat.Tanpa basa-basi Kasdi langsung menendang perut istrinya (Siti) dan menanyakan bapak dari bayi yang sedang dikandungnya tersebut, karena usia kandungan dengan pernikahannya tidak wajar. Sambil teriak kesakitan sang istri menjawab dan meyakinkan Kasdi bahwa anak itu darah dagingnya.

Contoh keempat Agus Faisal alias Nandut (24) mencekik istrinya sendiri, Tika Susika (27) hingga tewas karena tak mau berhenti sebagai pemandu lagu. Sadisnya lagi, ia membuang jasad istrinya ke laut dekat Pantai Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat.Tewasnya Tika diketahui pada Jumat 15 Desember 2017. Jasadnya ditemukan di bibir Pantai Pangandaran, tepatnya di Jl.Pamugaran Pangandaran Barat, Dusun Karangsari, Kab. Pangandaran. Motif pelaku membunuh korbannya karena pelaku kesal kepada korban sebab korban tidak mau berhenti menjadi pemandu lagu tetapi korban menolak dan sang suami langsung mencekik leher istrinya hingga meninggal dunia.

Contoh kelima seorang pria asal Desa Jambuwok, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. 11 Maret 2017. Sugiarto (36) harus mendekam di tahanan karena menganiaya istrinya Dewi Nursanti (27) dengan kunci inggris. Kekerasan dalam rumah tangga itu berawal saat Sugiarto pulang kerja. Setibanya di rumah, Dewi lantas meminta uang belanja bulanan karena uang yang sebelumnya diberikan pelaku sudah habis. Pelaku kesal karena uang bulanan yang dikasih sudah habis dan langsung mengambil kunci inggris, kemudian memukul tangan dan kaki korban hingga patah.

Penyebabnya, tidak percaya satu sama lain,kurang komunikasi,kurang waktu luang untuk bersama,karena kuatnya budaya patriarkhi kelima, posesif yang terakhir ke enam cemburu berlebihan. Akibatnya istri mengalami cidera, gangguan psikis,berpengaruh pada anak,hubungan tidak harmonis ,menurunnya percaya diri dan harga diri.

Agar tidak terjadi kekerasan dalam rumah tangga kita harus mengetahiu cara untuk menanggulangi kekerasan tersebut, yaitu perlunya keimanan yang kuat dan akhlak yang baik dan berpegang teguh pada agamanya sehingga kdrt tidak terjadi dan dapat diatasi dengan baik dan penuh kesabaran harus tercipta kerukunan dan kedamaian dalam keluarga serta harus adanya komunikasi yang baik antara suami dan istri agar tercipta,dll.

Nama : Asyifa Rahma Boru Situmorang
Kelas : XI IPS 3








Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog