Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

25 Oktober 2018

Jovi sang Legenda

Jovi sang Legenda


Jovi merupakan salah satu atlet terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Bekasi. Memiliki nama lengkap Jovi Yohanes, ia lahir pada 29 Oktober 1999 di Bekasi. Dia merupakan anak pertama dari pasangan  Joni Gunawan dan Tsim Chun Lan, serta memiliki 1 adik yang bernama Jovanka Melvi Yohanes. Ia terkenal dengan postur badannya yang tinggi yaitu 189 cm dan lompat vertikalnya yang sangat tinggi pula hingga bisa melakukan dunk. Selain bisa bermain basket, dia juga mahir melakukan salah satu cabang atletik yaitu lompat tinggi. Jovi adalah atlet daerah yang sangat membanggakan.
PENDIDIKAN
Jovi memulai pendidikannya di TK Sariputra pada tahun 2004 dan lulus tahun 2005 kemudian melanjutkan pendidikannya ke SD Sariputra pada tahun 2005 hingga 2011. Setelah itu ia melanjutkan SMP di tempat yang sama yaitu SMP Sariputra pada tahun 2011 hingga 2014. Jovi memilih SMAN 1 Cikarang Utara untuk melanjutkan pendidikannya, disana dia belajar selama tiga tahun dari tahun 2014 dan lulus pada tahun 2017. Pada tahun 2018, ia melanjutkan pendidikannya di President University dengan jurusan Informasi Sistem yang sekarang sedang dalam semester 3.
ORGANISASI
Tahun 2015, Jovi terpilih menjadi panitia Sakura Cup. Dengan ketenarannya, dia memiliki banyak koneksi dengan pelatih basket sehingga sangat membantu di dalam kepanitiaan Sakura Cup 2015. Selain itu, dia merupakan anggota ekstrakurikuler basket SMP Sariputra, SMAN 1 Cikarang Utara dan Universitas President. Dia juga merupakan pemain klub Pelita Raya.
PRESTASI
Dengan kemampuannya yang sangat bagus, dia memiliki segudang prestasi selama berkarier di bidang basket maupun atletik, diantaranya:
1.       Juara 1 O2SN Kabupaten Bekasi Atletik Lompat Tinggi tahun 2016.
2.       Juara 1 Lompat Tinggi DKI Jakarta Open tahun 2016.
3.       Juara 1 8 Cup tahun 2016.
4.       Juara 2 Niners Cup tahun 2016.
5.       Most Valuable Player (MVP) Niners Cup tahun 2016.
6.       Juara 1 Bekasi Student League tahun 2017.
7.       Juara 1 Smookie Cup tahun 2017.
8.       Most Valuable Player(MVP)  Bekasi Student League tahun 2017.
9.       Most Valuable Player(MVP) Smookie Cup tahun 2017.
10.   Juara 2 Pra-Porda bola basket tahun 2018.
11.   Juara 1 PERBASI CUP kelompok umur 18 tahun antar klub se-Kabupaten Bekasi tahun 2017.
KEAHLIAN
              Orang dengan mata sipit dan kulit putih ini memiliki keahlian dalam bola basket dan atletik. Dalam basket, Jovi memiliki kemampuan khusus yaitu menjadi forward (posisi di basket yang mengandalkan kecepatan dan kekuatan tubuh serta kemampuan mengolah bola yang bagus) karena memiliki lompat vertikal yang sangat tinggi hingga bisa melakukan dunk. Selain memiliki lompat vertical yang tinggi, posturnya pun mendukung untuk menjadi forward. Ia sering dipercaya oleh pelatihnya untuk menjadi ujung tombak dalam offense. Di dalam deffense pun ia cukup sering dipercaya untuk menjaga pemain musuh yang paling mahir di timnya. Dengan posturnya yang setinggi 185 cm dan lompatnya yg tinggi pula, Jovi juga punya kemampuan di bidang atletik yaitu pada cabang lompat tinggi. Keahliannya di bidang atletik pun tidak bisa diragukan, dibuktikan dengan prestasinya yang sangat banyak yang salah satunya adalah juara 1 di DKI Jakarta Open tahun 2016. Jovi memiliki attitude yang bagus untuk orang selevel dia, dia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja. Oleh karena itu, Jovi adalah atlet yang sangat membanggakan daerah serta orang tua dikarenakan memiliki keahlian yang sangat banyak dan attitude yang baik pula.
PEKERJAAN/KARIER
              Pada tahun pertama SMP-nya yaitu pada tahun 2011, Jovi memulai kariernya dalam bidang bola basket lalu dia lanjutkan hingga saat ini. Namun baru pada saat SMA dewi fortuna berpihak kepadanya, banyak prestasi mulai muncul pada saat dia SMA. Disini dapat disimpulkan bahwa proses untuk menjadi mahir dalam suatu bidang itu membutuhkan waktu, Jovi telah membuktikannya. Dengan kerja kerasnya selama di SMP, latihan rutin selama 3 tahun itu membuahkan hasil di SMA. Prestasi terbesar yang ia peroleh di SMA adalah menjuarai liga basket se-Kabupaten Bekasi yaitu Bekasi Student League tahun 2017. Dia juga selalu masuk ke dalam roster atau squad yang dibawa oleh kabupaten jika kabupaten memiliki event di provinsi, contohnya adalah kejurda kelompok umur 18, Popwilda, praPorda, dll. Jovi pun merupakan kapten di SMA nya dan di tim kabupaten (kelompok umurnya).  Sampai saat ini, karier Jovi dalam bidang basket masih belum terhenti. Dalam kuliahnya Jovi mengikuti ekstrakurikuler basket serta bermain untuk klub nya juga yaitu Pelita Raya.
              Selama di SMA bukan hanya basket yang dia latih, namun juga atletik yaitu lompat tinggi. Karier atletiknya pun cukup meroket semasa SMA, dibuktikan dengan prestasi-prestasi bergengsi yang ia peroleh yaitu juara 1 O2SN Kabupaten Bekasi Atletik Lompat Tinggi tahun 2016, dan juara 1 Lompat Tinggi DKI Jakarta Open pada tahun yang sama.
              Saat ini, tepatnya tahun 2018, Jovi sedang disibukkan oleh pelatihan seleksi untuk Pekan Olahraga Daerah (Porda) di akhir tahun 2018. Bersama beberapa putra daerah lainnya, selama beberapa bulan ini ia berlatih di Bandung dikarenakan pelatihnya adalah orang Bandung.
              Hal positif yang dapat kita ambil dari sosok Jovi ini adalah kesabaran, rasa percaya diri, sikap rendah hati dan ketekunan dalam berlatih. Latihan selama 3 tahun di SMP tanpa gelar apa-apa tidak membuatnya menyerah, ia terus tekun dalam berlatih hingga bisa mencapai seperti sekarang. Jovi telah dikaruniai bakat sejak lahir, namun ia tidak lantas sombong dengan bakatnya itu. Bakat tanpa latihan sama saja seperti nol, latihan rutin dan tekun tanpa bakat pun hanya bisa dikatakan mendekati sempurna, hanya mendekati. Namun bakat ditambah latihan yang rutin dapat menciptakan legenda.
              Semoga sukses, Jov!


Penulis: David Ardhan Pradana kelas XII MIPA 8 BI
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog