Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

29 September 2018

Berbohong kepada orang tua

Berbohong kepada orang tua
 
Berbohong kepada orang tua adalah salah satu sifat yang dimiliki hampir setiap anak, banyak sekali kebohongan yang di buat oleh anak-anak kepada orang tua nya dengan berbagai macam jenis kebohongan. Banyak sekali kebohongan seorang anak kepada orang tua nya dan mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita, dimulai dari kebohongan kecil hingga kebohongan besar yang menjadi kebiasaan seorang anak. Berbohong adalah sifat yang tidak seharusnya di lakukan oleh anak-anak yang menyebabkan hilang nya nilai kejujuran pada diri mereka. Berbohong kepada orang tua termasuk perbuatan yang buruk, yang dimulai dari kebohongan kecil yang membuat anak tersebut menjadi terbiasa untuk berbohong. Ada beberapa contoh peristiwa kebohongan anak terhadap orang tua nya beserta penyebab dan akibat nya.

Tidak mengerjakan tugas

Kejadian ini terjadi pada tanggal 15 mei 2014 seorang siswa bernama romi kelas 9 smpn 5 CU yang mengatakan telah mengerjakan tugas sekolah tapi ternyata saat diperiksa tugas nya belum selesai dikerjakan, hal ini di sebabkan karena ia terlalu banyak bermain game, hingga mengakibatkan ia tidak mengerjakan tugas, dan di hukum oleh guru.

Menggelapkan uang SPP

Kejadian ini terjadi pada tanggal 24 januari 20016 kelas X SMAN 2 skt seorang anak yang bernama adit yang meminta uang kepada ibu nya untuk bayar iuran spp, namun kenyataan nya ia tidak membayar SPP, dan ia mengatakan kepada ibu nya bahwa uang spp nya sudah di bayar, hal ini di sebabkan karena uang nya ia pakai untuk mentraktir temannya, yang mengakibatkan ia berbohong kepada ibu nya.

Memecahkan gelas

17 maret 2018, Risa seorang anak yang tinggal di sukamantri tidak sengaja memecahkan gelas namun pada saat di tanya oleh ibu nya ia tidak mengakui nya, disebabkan karena anak tersebut takut dimarahi oleh ibu nya hingga mengakibatkan anak tersebut berbohong dan menjadi pribadi yang tidak jujur.

Tawuran

Kejadian ini terjadi pada tanggal 10 februari 2010. Fikri Seorang anak yang tinggal di bulak mengatakan kepada orang tua nya kalau setelah pulang sekolah ada pelajaran tambahan, tapi kenyataan nya anak tersebut tawuran dengan teman nya, disebabkan karena ajakan teman nya yang mengakibatkan anak tersebut bisa terluka karena tawuran.

Berkumpul 

14 maret 2011, Hadi Seorang anak yang tinggal di kp. Cabang lio,  berpamitan sama orang tua nya untuk pergi mengerjakan tugas kelompok di rumah teman nya, tapi akhirnya anak tersebut berkumpul sama teman-temannya, hal ini disebabkan karena terlalu sering berbohong yang mengakibatkan anak tersebut berbohong terus-menerus.

  Kesimpulannya, penyebab seseorang berbohong yaitu takut di hukum oleh guru, mentraktir teman nya,  takut dimarahi oleh ibu nya, dan mau tawuran Berkumpul sama teman nya. Adapun akibatnya adalah dihukum oleh guru, sering berbohong kepada ibu nya, menjadi pribadi yang tidak jujur, terluka karena tawuran, dan terbiasa untuk berbohong.

Berbohong kepada orang tua adalah salah satu bentuk contoh dari kebohongan. Kita dapat menemukan nya di lingkungan sekitar kita. Sebaiknya para orang tua harus lebih memerhatikan dan lebih memantau anak-anaknya supaya tidak berbohong, serta memastikan terlebih dahulu setiap kegiatan anaknya dan setiap anak harus di tanami nilai kejujuran sejak kecil.

Ditulis oleh

Nama : Nandini

Kelas XI IPS 3




Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog