Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

15 Desember 2012

Penghapusan Ujian Nasional (UN) dalam Kurikulum Baru

Penerapan kurikulum baru seharusnya diikuti dengan penghapusan pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sebab jika UN dipertahankan maka tidak sesuai dengan standar penilaian kurikulum baru.

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum PGRI Jawa Tengah, Dr Muhdi dalam diskusi "Menyongsong Kurikulum Pendidikan 2013" di Dinas Pendidikan Jateng, Jumat (14/12).

Dia mengatakan, apabila UN tetap dipertahankan maka standar proses yang diterapkan guru akan kembali atau sama saja. Bukan sebuah proses pembelajaran untuk membawa peserta didik bernalar, melakukan observasi, bertanya, dan mencipta, melainkan tetap mengajarkan siswa mengerjakan soal.

"Namun, bila UN hendak terus diterapkan maka fungsinya harus diubah. Yakni, hanya sekadar untuk pemetaan kompetensi siswa, bukan sebagai penentu kelulusan," katanya.

Adapun, lanjut dia, pelaksanaan UN bisa dilakukan di jenjang SMP di kelas VIII atau awal kelas IX, sedangkan pada SMA/SMK di kelas XI atau awal kelas XII.

Perubahan kurikulum baru 2013 menekankan pada empat elemen, yakni standar kompetensi, isi, proses dan penilaian. Pada standar isi difokuskan melalui pengembangan mata pelajaran dengan pendekatan tematik integratif. Sedangkan, pada standar proses ditekankan pada perubahan strategi pembelajaran.

"Disini guru diwajibkan untuk merancang dan mengelola proses pembelajaran aktif dan menyenangkan. Tujuannya agar peserta didik lebih peka, bisa melakukan observasi, bertanya, bernalar, mengolah, mencipta, menyajikan, hingga mengkomunikasikan apa yang dipelajarinya," jelas Rektor IKIP PGRI Semarang itu.




Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog