Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

19 Desember 2012

Jakarta Onthel Beach Festival, 22-23 Desember 2012

http://www.jakarta.go.id/web/uploads/files/jakarta_ontel.jpg 


Indonesia merupakan rumah dari komunitas sepeda tua terbesar di dunia, di mana ia memiliki jutaan orang anggota yang menggemari sepeda tua. Pada bulan Mei lalu, KOSTI dan Bike 2 Work Indonesia, dua organisasi sepeda terbesar di Indonesia, untuk pertama kalinya menghadiri pertemuan tahunan penggemar sepeda tua dunia, IVCA (The International Veteran Cycle Association) Rally, di Gent Belgia. 

IVCA adalah sebuah asosiasi organisasi dan individu yang mewadahi para penggemar, kolektor, peneliti dan pemerhati sepeda tua di dunia. IVCA Rally 2012 sendiri dihadiri oleh 35 negara. Dengan menghadiri rally ini, Indonesia berhasil menjadikan peserta kehormatan dari asia untuk yang pertama dan juga bisa mempromosikan sebagai Negara yang memiliki penggiat sepeda tua dan klub sepeda tua terbesar di dunia.  

Yang menarik adalah bahwa sepeda tua yang dimiliki penggemar di Indonesia ini sebagian besar sebagai warisan dari para pemerintahan era colonial Belanda dan Inggris atau tentara kolonial dimasa lalu, dan beberapa lainnya berasal dari Amerika Serikat, Jepang dan Jerman.

Untuk alasan itu, Jakarta menjadi tuan rumah salah satu acara sepeda tua terbesar di Indonesia, yaitu:

Jakarta Onthel Beach Festival, yang akan diselenggarakan di Ancol pada tanggal 22-23 Desember 2012. 

Selain sebagai acara temu kumpulnya seluruh penggemar sepeda tua se-Indonesia, acara ini juga bertujuan mempromosikan sosio kultur Indonesia dalam berbagai cara, terutama dengan bersepeda tua. Juga agar dapat memperkuat kembali budaya masyarakat untuk bersepeda serta kegiatan peduli dan ramah lingkungan.

Acara yang baru ada pertama kali di Indonesia ini menyajikan beragam program menarik seperti di hari pertama, Sabtu, 22 Desember 2012 diadakan Rally Sepeda Onthel, Rally yang akan diikuti oleh peserta pribadi mengelilingi jalur rally yang ditentukan di kawasan Ancol. Di area Pasar Seni akan diadakan Olimpiade Onthelis, lomba-lomba antar onthelist (sebutan bagi penggemar sepeda tua) yang sangat unik, seperti lomba makan kerupuk jongkok, lomba kelereng sambil menuntun sepeda tua, lomba sepeda lambat, lomba balap karung sambil ngonthel dan lain-lain. 

Di lokasi pun di gelar Pasar Klithikan, bursa barang-barang onderdil sepeda tua dan barang-barang jadul terbesar se Indonesia yang diikuti oleh ratusan pedagang klithikhan dari berbagai daerah, kemudian ada juga Kontes Sepeda Tua dengan berbagai kategori, seperti kategori kontes sepeda gardan klasik, tandem klasik, sepeda lipat klasik, sepeda crossframe, sepeda transport/pos, sepeda anak-anak & remaja klassik serta kategori lainnya.

Menjelang senja hari, Acara akan secara resmi dibuka oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan dihadiri oleh para duta besar negara sahabat. Sekaligus melepas peserta ‘Parade Senja Nusantara’ kompetisi nasional karnaval khusus sepeda tua, dengan peserta yang akan memakai kostum dan busana unik tradisional dan tematik. Acara ini juga akan dibarengi oleh penyerahan piala Abang None Cilik Jakarta 2012.

Di malam hari, peserta akan dimanjakan oleh aneka hiburan seperti Ondel-ondel, silat Jingkrik, sirkus perkusi, bigtown band, koba band dan ditutup dengan pementasan Wayang Onthel, satusatunya wayang yang peralatan musik dan tokoh pewayangannya terbuat dari onderdil sepeda.

Hari kedua, Minggu, 23 Desember 2012, seluruh peserta akan bersepeda bersama di pagi hari dan mengikuti acara bertajuk ‘Melatjak Djakarta’, uniknya acara ini bukan hanya mengajak bersepeda bersama, melainkan para peserta diajak untuk mengikuti teka-teki dan kuis yang berhubungan dengan icon Djakarta yang dilewatinya, seperti Kampung Bandan, Kawasan Kota Tua, Jembatan Kota Intan, Pelabuhan Sunda Kelapa dan kawasan pesisir jakarta.

Acara ini merupakan kolaborasi antara KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) dengan Bike To Work Indonesia, yang didukung oleh PT. Pembangunan Jaya Ancol dan Pasar Seni Ancol.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog