Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

11 Juli 2022

UNJUK RASA ALIAS DEMONSTRASI


Unjuk Rasa
     
Unjuk rasa merupakan sebuah bentuk protes yang dilakukan oleh sekelompok orang  dihadapan umum. Untuk menyatakan pendapatnya dengan tidak kesetujuan mengenai suatu hal masalah, biasanya unjuk rasa oleh sekelompok mahasiswa ataupun sekelompok masyarakat yang tidak setuju dengan kebijakan pemerintah.

Salah satu contoh unjuk rasa yaitu saat  buruh pabrik melakukan mogok kerja, demi kenaikan gajinya. Mereka menuntut gaji sesuai UMK. Aksi yang dilakukan mereka berkeliling pabrik hingga menggangu jalannya lalu lintas, berorientasi setiap berkeliling jalan,  ada yang berkelahi dengan polisi bahkan tidak segan-segan mereka merusak fasilitas yang ada disekitarnya.

Contoh lainnya adalah Buruh Demo di Balai Kota Minta Kenaikan Upah. Sebabnya karna gaji yang diterima oleh buruh kecil. Akibatnya para buruh melakukan demo kenaikan upah gaji.

Pada tahun 2016 lalu indonesia dihebohkan dengan pemberitaan unggahan video kunjungan ahok yang telah menistakan agama didalam pidatonya. Karena video ini telah banyak ditonton oleh banyak orang sehingga sejumlah ormas islam melaporkan ahok kepada pihak yang berwajib karena telah mengolok-ngolokan kitab suci agama islam. 

Oleh karena itu sebabnya para sejumlah ormas islam dari seluruh penjuru indonesia datang untuk berdemo di monas. Didalam aksi unjuk rasa ormas islam selalu berorasi untuk menuntut agar ahok dijeboloskan kedalam penjara karena bagi mereka seorang pempimpin gubernur tidak pantas berpidato seperti itu walaupun berbeda agama harusnya kita saling menghormati, ada yang berjalan hingga menuju ke monas,  ataupun tidak sedikit ada yang berkelahi dan aksi dorong mendorong dengan keaparatan keamanan. Bahkan tidak segan-segan ada yang membakar poster wajah ahok.

Di indonesia setiap pergantian pemimpin presiden pasti akan mengalami namanya kenaikan bbm. Sebab alasan mereka menaiki bbm untuk mengurangi subsidi, agar bisa digunakan untuk hal yang lain. Namun pada kenyataannya adalah berdampak langsung buat masyarakat kecil khususnya seperti supir angkot, baginya biaya kehidupan di indonesia aja semakin hari semakin meningkat apalagi dengan adanya kenaikan bbm. Yang ada para supir angkot berdemo mogok beroperasi serta tidak segan-segan mereka mengajak seluruh angkot tidak beroperasi dan berdampak tidak langsung kepada konsumen masyarakat yang menaiki alat transportasi, sehingga memperlambat beraktifitas.

Kenaikan sembako disebabkan karena pengaruh kenaikan harga bbm berdampak langsung terhadap harga sembako. Kenaikan sembako diakibatkan biaya transportasi yang tinggi dan bahan sejumlah sayuran yang menipis, diantaranya sembako yang selalu naik seperti telur,  bawang merah, tomat dan lain-lain.  Para pembeli sangat mengeluh atas kenaikan harga sembako mereka berharap kenaikan bahan sembako ini tidak terlalu lama.

Seharusnya peristiwa ini dapat di tanggung jawabkan dan di bahas dengan cara yang baik, jangan sampai peristiwa ini terjadi lagi, untuk pemerintah seharusnya harus bijak dalam menyikapi dalam mengambil keputusan.

Nama : Ananda Eka Rahmawati
Kelas : XI.IPS2

  


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog