Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

10 November 2018

Perampokan Toko Emas

KD. 4.2 Memproduksi Teks Eksplanasi
Team : Perampokan toko emas   
Perampokan toko emas
  Perampokan atau pencurian yang terjadi ditoko – toko atau rumah kerap kali terjadi saat situasi sepi dan pada malam hari saat  toko tersebut tutup atau rumah yang ditinggal pemiliknya. Sehingga sang pemilik mempunyai perasaan khawatir saat toko atau rumah tersebut ditutup atau ditinggal pada malam hari. Alternatif yang diambil yaitu dengan memasang kamera CCTV. Alternatif tersebut masih kurang aman, karena CCTV hanya menampilkan visualnya saja tanpa ada tanda bahwa sedang terjadi perampokan atau pencurian danperampok atau pencuri bisa saja merusak CCTV sehingga sulit dalam pengamatan. Dan biaya pemasangan CCTV cukup mahal.Maka dari itu dirancanglah sebuah alat dengan teknologi yang sedang berkembang saat ini, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Definisi
        Perampokan adalah suatu tindak kriminal di mana sang pelaku perampokan (disebut perampok) mengambil kepemilikan seseorang/sesuatu melalui tindakan kasar dan intimidasi. Karena sering melibatkan kekasaran, perampokan dapat menyebabkan jatuhnya korban.
Peristiwa1
       Pengungkapan  kasus perampokan Toko Emas Delima di Indramayu terbilang cepat. Pada (27-11-2017) Kurang dari tiga hari, polisi sukses menangkap seluruh perampok bersenjata itu.Dir Reskrimum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana mengatakan suksesnya polisi mengungkap kasus tersebut berkat peran kamera pengawas atau CCTV berhasil menangkap pelaku bernama sunto. Dari rekaman CCTV, polisi dapat mengidentifikasi pelaku.
Peristiwa 2
        "Salah  satu yang membantu kita dalam mengungkap ini adalah keberadaan CCTV," kata Umar di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Kamis (30/11/2017) toko emas agung. Sukses mengidentifikasi para pelaku, tim dari Subdit III Ditreskrimum Polda Jabar langsung bergerak. Polisi mengendus lokasi persembunyian pelaku di sebuah indekos di kawasan Susan. Sukses mengidentifikasi para pelaku, tim dari Subdit III Ditreskrimum Polda Jabar langsung bergerak. Polisi mengendus lokasi persembunyian pelaku yang bernama usman di sebuah indekos di kawasan Subang.
Peristiwa 3
        Saat  digeruduk pada Selasa (28/11/2017) ditoko Emas delima asih polisi menemukan tiga orang pelaku. Satu pelaku bernama Ahmad alias Tompel ditembak petugas lantaran berusaha melawan. Satu pelaku bernama Toha (35) ditangkap, sedangkan satu lainnya kabur di daerah indramayu.
Peristiwa 4
        Satu hari berselang atau pada Rabu (29/11/2017) di toko emas melati seluruh pelaku akhirnya dapat ditangkap termasuk yang melarikan diri dari indekos Subang. Mereka ditangkap di Jawa Tengah oleh Polda Jateng.Pelaku lain yang ditangkap yaitu Muhamad Nawawi, Sugito, Nopian Iskandar, Joko Prasetyo dan Nurhadi yang tewas ditembak petugas.
Umar menambahkan adanya CCTV memang sangat membantu petugas dalam mengungkap aksi kejahatan. Oleh karena itu, ia mendorong agar setiap bangunan baik rumah atau pertokoan, tak lupa memasang CCTV."Karena melalui CCTV, identiknya kalau yang terlihat hanya badan saja bisa sampai 98 persen. Kalau ditambah kelihatan wajah bisa sampai 100 persen," ujar Umar.
Peristiwa 5
        Rona  bahagia terpancar dari wajah Novelia (52), pemilik toko emas 'Delima' Indramayu. Perhiasan emas yang sempat digasak komplotan perampok bersenjata, kembali ke tangannya.Kapolda Irjen Agung Budi Maryoto menyerahkan perhiasan emas itu kepada Novelia. Emas tersebut berhasil disita dari tangan perampok usai komplotan tersebut diringkus Subdit III Ditreskrimum Polda Jabar dan Polda Jateng."Senang sekali. Akhirnya bisa kembali lagi ke saya," ucap Novelia."Saya salut bisa cepat ditangani. Saya selaku pemilik mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kepolisian," katanya menambahkan.Aksi perampokan kelompok bersenjata asal Madura itu memang tak bisa lepas dari ingatannya. "Mereka pada bawa senjata. Waktu itu yang jaga karyawan saya dua orang. Semua sangat kaget," ujarnya.Kejadian tersebut pertama kali dia alami. "Mulai sekarang lebih hati-hati dan waspada saja. Saran dari polisi pakai terali di atas etalasenya, itu akan kita lakukan," tutur Novelia. Kamis (11, 06, 2016)
Simpulan
Jadi kesimpulannya sepandai-pandainya Tupai melompat akhirnya jatuh ke tanah juga. Jadi jangan lah merampok karena peralatan itu mengambil hak orang lain dan perbuatan yang sangat menyimpang karena walaupun kalian kabur kemana pun kalian akan ke tangkap juga. Akibat dari perbuatan ini tidak dilakukan sendirian karena perbuatan ini merupakan faktor lingkungan yang tidak dapat ditiru. Inti dari masalah ini jangan melakukan perbuatan tersebut dan selalu mendekatkan diri kepada allah sw.

Nama  : Rohayni
Kelas   : Xl IPS 5 (BI)








Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog