Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

09 November 2018

Merokok Di Kalangan Remaja

          Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung yang lainnya. Rokok dapat membuat pecandunya menderita beragam penyakit.  Merokok adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan cara membakar silinder kertas yang dibakar lalu dihisap dan mengeluarkan asap. Saat ini merokok sudah seperti budaya banyak pelajar yang sudah merokok, siswa sekolahpun tak segan merokok didepan umum. Walaupun sudah diingatkan oleh orangtua, teman, dan guru masih ada saja siswa yang masih berani merokok. Ciri-ciri orang yang sudah merokok biasanya bibirnya berwarna gelap, gigi mengkuning, sering batuk, mata menjadi merah, dan dalam keadaan apapun dia slalu mencari rokok.
          Siswa SMA bernisial (F)  mengatakan dia merokok sebab dia merasa kesepian dengan merokok dia merasa harinya tidak sepi lagi. Dia juga mengatakan ada efek samping dari merokok akibatnya dia mudah lelah. Dia biasanya lari menempuh jarak 1km dengan waktu kira-kira 5 menit, karena dia merokok dia menempuh lari  1km dengan waktu kira-kira 4 menit dia merasa benar-benar lelah. 
Menurut siswa lain yang berinisial (A) dia merokok sebab diajak oleh temannya dan coba-coba. Akibatnya dia mulai kencanduan merokok dan rasa bosannya pun hilang. 
Adapun kasus siswa yang berinisial(R) dia merokok sebab pergaulan yang bebas. Karena pergaulanpun akibatnya dia kencaduan merokok dan dia merasa jika merokok dapat menghilangkan rasa hambar dimulutnya. 

        Kasus lainnya siswa yang berinisial (F) dia merokok sebab dia  ingin meniru teman-temannya yang sudah merokok. Dengan rasa penasarannya itu akibatnya dia mulai merokok hingga kecanduan untuk merokok dan dia merasa setelah merokok dia sedikit sesak nafas. 
Menurut (N)merokok menyebabkan dia kencanduan. Akibat kecanduannya dia merasa lega setelah merokok.

         Merokok adalah suatu kegiatan yang berbahaya bagi kesehatan. Yang merokok tidak sehat(perokok aktif), begitu juga yang menghirup asap rokok(perokok pasif). Kesimpulannya merokok disebabkan oleh pergaulan yang bebas dan rasa ingin mencoba-coba. Efek setelah merokok jelas dia mudah lelah, tetapi menurut mereka lelah bukan apa-apa yang terpenting mereka puas  dan mulutnya terasa tidak hambar. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa jauhilah rokok dan pilihlah teman yang melakukan kegiatan positif, karena lingkungan juga berpengaruh. maka jauhi lah rokok, matikan rokok sebelum rokok mematikan anda.

Nama: Noovel Audrey Salzabilla
Kelas : XI IPS 2


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog