Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

09 November 2018

Mabuk Dikalangan Pelajar

     Mabuk, dalam pengertian umum, adalah keadaan keracunan karena konsumsi alkohol sampai kondisi di mana terjadi penurunan kemampuan mental dan fisik. Gejala umum antara lain bicara tidak jelas, keseimbangan kacau, koordinasi buruk, muka semburat, mata merah, dan kelakuan-kelakuan aneh lainnya. Seorang yang terbiasa mabuk kadang disebut sebagai seorang alkoholik, atau "pemabuk". namun jika dikaji secara mendalam dalam ilmu filsafat dan agama, mabuk berarti tidak mengerti apa yang dikerjakan namun dalam keadaan sadar.sekarang banyak pelajar yang sering mabuk-mabukan sampai mengakibatkan mereka menjadi efek samping terlalu banyak minuman beralkohol juga menumpulkan sistem kekebalan tubuh. Alkoholik kronis membuat jauh lebih rentan terhadap virus termasuk HIV. Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol, yaitu rasa takut diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi.
       Jember - 10 Pelajar SMA diamankan saat pesta miras di tempat pemandian, di Dusun Kemukuh, Desa Tembokrejo, Kecamatan Gumuk Mas. Pesta miras dilakukan saat jam sekolah. Saat diamankan, para pelajar itu dalam kondisi mabuk."Mereka masih berseragam sekolah. Dari sebuah sekolah yang ada di Kecamatan Gumuk Mas. Rata-rata dalam kondisi mabuk. Tapi tidak sampai teler berat," kata Kanit Binmas Polsek Gumuk Mas, Ipda Danu Setio, Kamis (23/11/2017).
         Di Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), diamankan polisi karena kedapatan mabuk minuman keras saat jam sekolah.Kepala Bidang Humas Polda NTT, Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, para pelajar itu berkumpul dan minum miras di areal persawahan milik warga. "Mereka diamankan saat Kapolsek Malaka Tengah AKP Rinaldi Hastomo bersama anggotanya menggelar patroli dalam rangka cipta kondisi jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018," kata Jules kepada Kompas.com, Kamis (14/12/2017) pagi.
          Lima orang pelajar kelas III SMA Pelita Karya (PK) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, ditangkap polisi lantaran kedapatan sedang menggelar pesta minuman keras (miras) tepat di pinggir jalan protokol yang ramai dilewati warga, Selasa (20/5/2014). Mereka menggelar pesta miras untuk merayakan kelulusan ujian nasional
          Belasan pelajar terjaring razia tim Elang 1 Polrestabes Semarang di sekitar Taman Menteri Supeno atau dikenal Taman KB, Sabtu (13/1) dini hari.Para pelajar itu bersekolah di SMK Negeri di Kota Semarang. Semua murid kelas XII. Ada 11 siswa yang tertangkap.Mereka mabuk-mabukan. Ada lima botol air mineral berisi sisa Ciu.Siswa-siswa itu pasrah serta tak bisa mengelak. Bau nafas para remaja berseragam pramuka itu pengar.kamis(15/07/2015).
          Pelaku yang mabuk tersebut merusak dengan menendang pintu kaca masuk Kantor Dinas Pendidikan."Dia masuk datang langsung tendang pintu kaca kantor. Saya juga dicekik tanpa masalah," kata seorang petugas kebersihan, Yunus, ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Makassar, Jalan Hertasning, Rabu (19/9/2018).
Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kegiatan mabuk-mabukan tersebut:
  -keluarga
       Penelitian terbaru yang dimuat dalam the Journal of Studies on Alcohol and Drugs menyebutkan, ketika anak-anak ditawarkan seteguk minol ketika mereka SMP, maka mereka cenderung semakin menyukai mikol ketika SMA, bahkan mungkin ikut pesta minuman keras (miras) diusia labil tersebut. Yang menarik adalah ada anak-anak yang coba-coba diberikan minol oleh orang tuanya sendiri dalam sebuah pesta atau acara khusus.
-teman sebaya
      Jika anak Anda berteman dengan teman sebaya yang memberikan pengaruh positif, maka mereka akan jauh dari sentuhan minol. Sebaliknya, jika mereka memiliki teman sebaya dengan kebiasaan yang suka minum minol, maka anak Anda sangat mungkin akan mengikutinya juga.
-budaya
      Kemudahan remaja untuk mendapatkan mikol turut berkontribusi mendorong pola konsumsi minuman keras mereka semakin tinggi. Pendidikan orang tua adalah kunci dalam mencegah penyalahgunaan atau ketergantungan anaknya pada minol.
-media
Studi dari Journal of Pediatrics menemukan ketika remaja sering menonton adegan penggunaan minol dalam film, maka itu juga memengaruhi faktor apakah mereka mau atau tidak mencoba hal yang sama.
-teknologi
Anak-anak menggunakan media sosial untuk menemukan hal-hal yang tidak mereka ketahui. Mereka juga menyadari mabuk bisa membuat mereka melakukan hal-hal bodoh. Namun, berkat teknologi juga anak bisa terpapar alkohol. Teknologi memiliki pengaruh yang besar juga.
 Sementara itu akibat yang di timbulkan oleh pelajar yang mabuk-mabukan:
-penyakit hati
          Ketika minuman beralkohol masuk ke dalam tubuh, maka ia akan segera terserap ke dalam aliran darah, hingga kemudian memasuki perut dan usus. Lalu, minuman keras tersebut akan terkumpul di dalam hati. Enzim dalam hati kemudian akan memroses alkohol hingga kandungan kimiawinya berubah dan keluar ketika buang air kecil.Hanya saja, kemampuan hati memroses alkohol sangat terbatas.  Jika konsumsi minuman beralkohol berlebih, maka seketika tingkat alkohol dalam aliran darah akan naik. Umumnya, hati dapat memroses alkohol dalam jumlah kecil yaitu sekitar satu standard drink (sekitar satu kaleng bir 330 ml kadar 4,7%) dalam satu jam.Asupan alkohol yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit hati termasuk perlemakan hati (fatty liver), hepatitis, dan sirosis (kerusakan hati kronis).
          -Tekanan Darah Tinggi dan Penyakit Jantung
              Alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengendalikan pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan meningkat saat mengonsumsi minuman keras. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat menjadi penyakit kronis yang kemudian dapat memicu penyakit lain termasuk stroke dan sakit jantung.
             -kanker
          Kebiasaan mabuk akibat konsumsi minuman keras berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker, terutama di sekitar mulut, tenggorokan, payudara, dan usus besar. Peningkatan risiko kanker itu diduga akibat upaya tubuh memroses alkohol yang menghasilkan zat kimiawi pembawa kanker. Bahkan, risiko kanker lebih tinggi pada peminum berat yang merokok (tembakau).
              -bagian saraf dan otak 
        Terlalu banyak minuman dapat menyebabkan gangguan saraf neuropati, lantaran alkohol memiliki efek racun pada sel saraf. Gangguan saraf neuropati ini bisa menyebabkan sensasi rasa sakit seperti tertusuk, kebas atau mati rasa, lemah otot, disfungsi ereksi, sulit menahan buang air kecil, dan sebagainya.
                -depresi
          Tindakan mabuk akibat dengan ‘miras’ sering dikaitkan dengan upaya mengatasi depresi. Namun menurut sebuah studi yang dilakukan, yang terjadi justru sebaliknya. Minuman keras berlebihan justru dapat menyebabkan depresi, terutama jika kebiasaan itu dilakukan dalam jangka panjang.
         Pada saat remaja galau atau ada masalahnya langsung minum-minuman keras agar hilang sedikit masalah dalam hidupnya, walaupun hanya sementara tapi bisa menenangkan pikirannya. Padahal ia sudah mengetahui apa dampak negative dari miras .Memang Sebagian besar dari orang yang mengkonsumsi minuman keras mengetahui dampak negative dari minuman keras.Di masa ini para remaja sulit membedakan mana hal yang boleh dilakukan dan mana hal yang tidak boleh dilakukan. Karena bagi remaja semua hal yang dilakukannya dianggap benar.Faktanya kita dapat melihat dari lingkungan kita sendiri bahwabanyak kenakalan remaja sekarang ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Menurut saya Jika ingin menghindari dampak alcohol atau minuman keras, cara tersehat adalah dengan menjauhi miras dan sejenisnya. Mencegah jauh lebih baik, terutama bagi kesehatan.


Nama: Natasya Gunawan
Kelas: XI IPS 2




Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog