Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

07 November 2018

KENAIKKAN HARGA BBM

KENAIKKAN HARGA BBM

    Bahan Bakar Minyak atau biasa disingkat BBM, merupakan salah satu kebutuhan yang sangat berarti bagi kelangsungan hidup masyarakat banyak. Ada beberapa jenis BBM yang dikenal di Indonesia, diantaranya adalah: Minyak tanah rumah tangga, Minyak tanah industri, Pertamax,  Premium, Bio Premium, Bio Solar, Pertamina DEX, Solar . Berdasarkan informasi dari laman Pertamina Minggu, (1/7/2018), harga Pertamax di Jakarta per 1 Juli 2018 menjadi Rp 9.500, naik Rp 600 dari Rp 8.900.Sementara harga Pertamax Turbo naik menjadi Rp 10.700 pada 1 Juli 2018, dari sebelumnya Rp 10.100. Adapun harga Dexlite naik menjadi Rp 9.000 per liter, naik Rp 900 dari Rp 8.100 per liter. Selanjutnya, Pertamina Dex naik dari Rp 10.000 menjadi Rp 10.500.
            Di Indonesia harga BBM sering mengalami kenaikan disebabkan alasan pemerintah yang ingin mengurangi subsidi. Tujuan dari pengurangan tersebut dikatakan adalah agar dana yang sebelumnya digunakan untuk subsidi dapat dialihkan untuk hal-hal lain seperti pendidikan dan pembangunan infrastruktur. Di sisi lain, kenaikan tersebut sering memicu terjadinya kenaikan pada harga barang-barang lainnya seperti barang konsumen, sembako dan bisa juga tarif listrik sehingga selalu ditentang masyarakat.
     Kenaikan harga BBM tersebut menimbulkan dampak langsung dan tidak langsung di masyarakat. Dampak tidak langsungnya adalah meningkatnya biaya hidup sedangkan dampak langsungnya adalah kenaikan biaya transport yang memicu kenaikan biaya produksi dan memicu kenaikan biaya komoditi. Bahkan, sebelum harga BBM dinaikkan, sudah terjadi kenaikan harga karena permintaan yang tinggi. Hal tersebut kemudian mendorong terjadi inflasi.
Yang memperparah keadaan adalah harga naik di saat daya beli masyarakat rendah. Pemerintah perlu berhati-hati dalam menentukan harga BBM, selain aspek efisiensi pertimbangkan juga aspek keadilan.
Untuk menyiasati kenaikan harga BBM bagi para produsen adalah dengan cara makin kreatif, mencoba memberikan nilai tambah produk dari aspek yang tidak menjadikan harga naik, seperti aspek desain, model dan aplikasi yang menarik. Hal ini perlu dilakukan agar harga produk tidak ikut naik terlalu tinggi.

Ditulis oleh: 

Dila Nazla Faizarachmat
Kelas : XI. IPS 1









Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog