Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

09 November 2018

Kemacetan Di Kota

   Kemacetan merupakan suatu peristiwa dimana kondisi arus lalu lintas yang melewati pada sebuah jalan yang diamati melebihi jumlah kapasitas jalan tersebut yang mengakibatkan kecepatan pengendara mendekati 0 km/jam sehingga dapat menimbulkan antrian kendaraan. Saat terjadinya kemacetan, nilai derajat kejenuhan akan mencapai lebih dari 0.5 . Kemacetan mulai terjadi apabila arus lalu lintas mendekati atau melebihi dari jumlah kapasitas jalan tersebut. Kemacetan akan terus mengalami peningkatan jika jumlah pengendara melebihi nilai kapasitas suatu  jalan sehingga kendaraan sangat berdekatan satu sama lain.
   Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta dan Bangkok. Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan kota-kota besar lainnya.
    Pembangunan jakarta-cikampek elevated diakibatkan kepadatan lalu lintas di jalur tol Jakarta-Cikampek, Sabtu 16 Juni 2018, Jalan tol Jakarta-Cikampek kembali padat pada hari kedua lebaran, Sabtu 16 Juni 2018. Kepadatan tersebut diperkirakan mencapai 30 Km.Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Irwansyah mengatakan, kepadatan tersebut dimulai dari Km 7 (Jatibening) sampai Km 37 karena ada penyempitan jalur. Penyempitan itu mengurangi jumlah lajur dari empat menjadi tiga. Lajur ditutup karena ada pembangunan proyek Jakarta-Cikampek Elevated.
      Bandung - Arus lalu lintas di Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, menuju Lembang, Kabupaten Bandung Barat, terpantau padat pada Minggu (17/6/2018) pagi. Bahkan, kemacetan mengular hingga lima kilometer dengan arus lalu lintas cenderung merayap. Antrean panjang kendaraan terjadi karena banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di kawasan Lembang. Bahkan berdasarkan pantauan, ekor kemacetan terjadi mulai dari Gegerkalong hingga Farmhouse Lembang sejak pukul 07.00 WIB.
     Lonjakan pengguna jalan tol Surabaya-Mojokerto terjadi pada Minggu (17/6/2018). Tepatnya di gerbang tol Waru Gunung, Karang Pilang, Surabaya. kemacetan mencapai 3-4 km sejak menjelang sore hari. Kemacetan makin menjadi karena uang elektronik tak bisa digunakan. Situasi di gerbang Tol Waru Gunung makin rumit ketika antrean terjadi sejak siang. Pengemudi yang tidak sabar, lantas menggeser blokade jalan di pintu tol Bandar. Ada kabar yang mengatakan kalau hal itu sudah diketahui oleh petugas jalan tol. Namun, konsekuensi dari menggeser blokade jalan yang tidak tersampaikan. Yakni, pengguna harus membayar tunai untuk keluar tol.Manajer Operasi PT Jasamarga Surabaya Mojokerto Erfan Affandi mengatakan, banyak kendaraan yang tidak menempelkan uang elektronik di pintu masuk. Jadinya, sistem tidak mengenali darimana kartu yang digunakan itu masuk tol.
     Cirebon -Memasuki libur Lebaran, masyarakat mulai memadati pusat perbelanjaan. Hal tersebut terlihat sejak Sabtu (9/6/2017). Dampak dari banyaknya warga menuju mal, kepadatan kendaraan membuat kemacetan di beberapa titik terutama pusat perbelanjaan, salah satunya di Jalan Cipto. Ruas jalan utama di dalam Kota Cirebon dipenuhi kendaraan mulai dari motor dan Transmart mengular hingga Gunungsari . Bahkan kemacetan kendaraan sampai menutupi jalur ke arah Grage Mall. Petugas kepolisian dengan sigap beruapaya mengurai kemacetan dalam kota itu. Yang lebih membuat situasi semakin memburuk adalah sejumlah transportasi online yang terlihat memarkirkan kendaraannya di depan pusat perbelanjaan. Pantauan Radar Cirebon,  sejumlah mobil dengan driver online yang mangkal di depan pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo. salah satu pengunjung mal mengungkapkan, mobil yang parkir di depan mal cukup mengganggu saat mobil pengunjung ingin masuk pusat perbelanjaan. 
    Senin (25/12/2017) di MEDAN  - Kemacetan yang terjadi di Jalan Diponegoro membuat orang nomor satu di Satlantas Polrestabes Medan langsung turun ke jalan untuk mengurai kemacetan. Terpantau dari ATCS milik Dinas Perhubungan Kota Medan, Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Muhammad Saleh langsung mengatur arus lalu lintas. Sebagai seorang polisi lalu lintas sudah menjadi kewajiban kami untuk mengatur arus lalu lintas yang sedang mengalami kepadatan ataupun kemacetan arus lain.
   Jadi dapat disimpulkan, kemacetan terjadi disebabkan kepadatan lalu lintas di jalur tol, kemacetan terjadi dengan adanya antrean panjang kendaraan yang berwisata ke kawasan lembang, Lonjokan pengguan jalan tol surabaya-mojokerto, kemacetan pun dapat terjadi pada memasuki libur lebaran, kemacetan yang terjadi disebabkan jalan diponegoro membuat nomor satu di satlantas polrestabes medan. Adapun dampaknya yaitu  banyaknya warga menuju ke tempat pariwitasa di hari libur karena karena itu ada kepadatan kendaraan membuat kemacetan dibeberapa titil terutama pusat perbelanjaan, salah satunya di jalan lippo-cipto. 

NAMA : ANISYA MUTIARA OKTAVIA 
KELAS : XI.IPS 2


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog