Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

09 November 2018

Kebiasaan Menerobos Lampu Merah

          Masalah yang patut diperhatikan dikota besar adalah masalah lalu lintas.Menerobos lampu merah merupakan salah satu jenis pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi.Menerobos lampu merah dilakukan ketika lampu lalu lintas masih berwarna merah namun pengendara tetap melaju dan tidak berhenti.Hal ini masih sering terjadi dan hal tersebut bisa sangat membahayakan bagi pengendara dan pengguna jalan yang lain.
          Agus (15) sering menerobos lampu merah di perempatan SGC,hal tersebut dikarenakan ia malas menunggu lampu berubah warna sehingga Agus nekat menerobos lampu merah.Namun,suatu hari ia hampir terlambat sehingga ia nekat menerobos lampu merah.Karena terburu buru dan tidak melihat kanan kiri,Agus di tabrak oleh bis dari arah berlawanan dan tidak sempat menghindar.Sehingga Agus mendapatkan luka yang cukup parah.
          Gladis Angelina, pengemudi Toyota Fortuner bernomor polisi B 98 DBY menabrak tujuh orang di perempatan Jl Tentara Pelajar arah Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kecelakaan ini terjadi lantaran Gladis menerobos lampu merah.wanita berusia 26 tahun itu mengemudikan mobilnya dengan kecepatan tinggi. Dia tak mengindahkan aturan lalu lintas hingga menghantam lima sepeda motor, satu pejalan kaki hingga total korban mencapai tujuh orang.Pengemudi mengabaikan lampu merah diduga karena kurang hati-hati dan konsentrasi menabrak penyeberang jalan, Waluyo, dan pengendara motor, Rudi Setiadi.Setelah menabrak kedua orang itu, Fortuner juga menabrak orang lain. Di antaranya Ilham Saputra, Nur Yasin, Ardi Syahrial, dan Yoga Satria.Akibat kejadian ini, kendaraan mengalami kerusakan. Pengemudi kendaraan sepeda motor serta penyeberang jalan mengalami luka.Korban sudah di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.
           Kecelakaan lalu lintas antara dua pengendara sepeda motor terjadi Kamis (22/9) di persimpangan lampu merah Gading Nias, Jalan Boulevard Raya, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara karena menerobos lampu merah.kecelakaan yang melibatkan dua pengendara sepeda motor tersebut disebabkan salah satu pengendara motor menerobos lampu merah sehingga menabrak kendaraan lainnya.Kecelakaan tersebut melibatkan Muhammad Hidayat (38), warga Ujung Menteng, RT06/RW01, Jakarta Timur yang mengendarai sepeda motor Honda CBR 250 dengan nomor polisi B 4860 TEC yang melaju dengan kecepatan sedang sekitar 60 kilometer (km) per jam.Ia kemudian terlibat kecelakaan dengan Andri Gunawan (43), warga Kampung Tanah Merah, RT03/RW07, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara yang mengendarai sepeda motor Honda Beat bernomor polisi B 4321 TWN. kecelakaan tersebut memang tidak sampai menyebabkan para pengendara motor tewas. Mereka hanya mengalami luka-luka lecet dan body kendaraan sepeda motornya rusak.
          Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di perempatan Pancoran Jakarta selatan, Kamis, (15/3/2018) pukul 21.45 WIB.Pada awalnya sebuah mobil Xenia berwarna silver dengan nomer pelat B 1904 FFO melaju dari arah Kalibata, menuju Jalan Soepomo.Kemudian mobil tersebut menerobos lampu merah dari arah selatan Kalibata, lalu menabrak Avanza hitam dari arah timur.Sedangkan Avanza berwarna hitam dengan nomer polisi B 1774 NFM melaju dari arah Cawang menuju Gatot Soebroto saat ditabrak oleh Xenia.Karena kejadian ini, kedua mobil mengalami kerusakan yang cukup parah.Salah seorang pengendara Avanza mengalami luka ringan pada bagian tangan kanannya lantaran terkena pecahan kaca.Karena kejadian ini, Mobil Xenia mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian depan.Sedangkan Avanza hitam mengalami kerusakan pada bagian samping hingga mengalami pecah kaca.
         Seorang pengendara sepeda motor yang menerobos lampu merah menabrak seorang anggota kepolisian dari Polsek Sunggal bernama Briptu Sujibto (53) di Jalan TB. Simatupang tepatnya di persimpangan Pinang Baris, Senin (18/7).kejadian bermula saat korban bersama temannya, Aiptu T. Aritonang sedang melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi kejadian. Namun tiba-tiba seorang pengendara sepeda motor bernama Nazrul (25) langsung menerobos lampu merah sehingga Briptu Sujibto mengalami luka-luka.Saat Nazrul menabrak anggota kepolisian tersebut, korban tengah berada di dekat persimpangan tersebut dan langsung melakukan penghadangan. Namun, pelaku malah menancapkan gas sepeda motornya.Saat ini Briptu Sujibto (53) yang mengalami luka-luka di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Sementara untuk pelaku telah diamankan dan dilakukan pemeriksaan.
          Dari semua contoh diatas,dapat disimpulkan bahwa kebiasaan menerobos lampu merah dapat menyebabkan kecelakaan yang membahayakan baik bagi pelaku maupun korban.Karena itu akan lebih baik kalau kita lebih menaati peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Nama: Puteri Nissa Hira Nazma
Kelas : XI IPS 2



Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog