Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

23 Juli 2018

Resensi: Pengertian, Struktur, Jenis, Kaidah, Ciri, Syarat, Dan Contoh

Pengertian Resensi

Resensi berasal dari Bahasa Latin yaitu revidere atau recensie (Belanda) yang artinya adalah menimbang, melihat kembali, atau menilai.

Dalam KBBI, resensi adalah ulasan dari sebuah buku. Jadi resensi merupakan ulasan singkat/tulisan mengenai isi suatu buku, novel, majalah, drama ataupun film yang biasanya disiarkan oleh media-media sosial. Orang yang melakukan resensi disebut peresensi. Orang yang melakukan resensi harus objektif.


Tujuan Resensi

Tujuan meresensi buku antara lain mengajak para pembaca untuk berdiskusi lebih lanjut tentang masalah yang diangkat dalam buku, memberikan pemahaman dan informasi terhadap buku, memberikan pertimbangan kepada pembaca, dan memberikan jawaban /informasi atas pertanyaan yang sering dilontarkan pembaca terhadap buku. 


Struktur Resensi

1. Judul resensi
Judul resensi merupakan identitas suatu karya tulis sama halnya dengan judul buku. 

Contoh: 
The Coke Machine, Kebenaran Kotor di Balik Minuman Ringan Favorit Dunia

2. Identitas buku
meliputi: judul buku, nama pengarang, nama penerbit, ketebalan buku, tahun terbit, dan nomor edisi.

Contoh:
  • Judul buku : Hujan Kepagian
  • Pengarang : Nugroho Notosusanto
  • Penerbit : Balai Pustaka
  • Tahun Terbit : 2011
  • Jumlah Halaman : vi+62 halaman
3. Pendahuluan
berisi latar belakang pengarang, keahlian, sikap-sikap, dan karya-karya yang dihasilkan olehnya. Biasanya kita bisa menemukan informasi mengenai pengarang pada bagian awal atau akhir pada buku.

contoh:
Edy Karsono ialah pengarang dari buku berjudul Pantai dan Kehidupannya yang mengungkapkan bahwa pantai itu manfaatnya bukan hanya sebagai tempat berekreasi, banyak sekali manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaat bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan.

4. Inti/isi resensi
berisi ulasan utama tentang buku/novel.

contoh:
Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas 6 buah cerita. Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Perlu diketahui bahwa tidak banyak karya sastra menampilkan kisah-kisah di revolusi, yang kisahnya dialami sendiri oleh pengarangnya. Perang yang diceritakan dalam cerpen tidak hanya dilihat dari sudut peristiwa yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya. Dalam buku Hujan Kepagian ini juga bisa dilihat banyak sisi yang lebih manusiawi. Pengarangnya sendiri juga terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan saat menjadi anggota tentara pelajar.

5. Keunggulan
berisi ulasan tentang kelebihan buku.

Contoh:
  • Organisasi Buku : Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik. Dalam buku ini antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya terdapat keterkaitan sehingga mampu menarik pembaca.
  • Isi Buku : Dilihat dari isinya ceritanya sangat unik, menarik sehingga layak untuk dibaca.
  • Bahasa : Dilihat dari segi bahasa yang digunakan pengarang sederhana, akan tetapi memikat. Kalimat- kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga mudah dipahami.
6. Kekurangan
berisi ulasan yang berkaitan dengan kelemahan-kelemahan buku.

Contoh:
Kelemahan buku ini adalah kebiasaan pengarang menggunakan beberapa kosakata Belanda,sehingga pembaca kurang memahami arti kata tersebut.

7. Penutup
berisi simpulan/pandangan penulis atas buku atau novel.

Contoh:
Buku kumpulan cerpen “Hujan Kepagian” ini cukup menarik, karena buku ini menceritakan kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Dan hanya sedikit karya sastra yang menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang. Selain itu, buku ini juga memilliki amanat yang mengajak kita generasi muda untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa ini dan selalu berbuat baik.








sumber:
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/11/struktur-teks-resensi.html






Sumber
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog