Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

06 April 2017

6. Pengatur Lalu Lintas di JL. Layang - MELAN AGUS PUTRI XI IIS 1



Lalu lintas di dalam Undang-undang No.22 tahun 2009 didefinisikan sebagai gerak kendaraan dan orang di Ruang lalu lintas jalan, sedangkan  yang dimaksud dengan ruang lalu lintas jalan adalah prasarana yang diperuntukan bagi gerak pindah kendaraan, orang, yang berupa jalan dan fasilitas pendukung. 

Pengatur lalu lintas sendiri yaitu profesi yang memberikan layanan kepada pemakai jalan tentang bagaimana dan dimana pemakai dapat bergerak, berhenti atau merubah arah terutama pada kemacetan. 

Pengatur lalu lintas yang tujuannya mewujudkan lalu lintas yang selamat, aman, cepat, lancar, tertib dan teratur. Selain itu juga tujuannya mengatasi kemacetan arus lalu lintas di jalan , dan mempengaruhi pemakaian jalan untuk patuh terhadap Perundang-undangan lalu lintas yang berlaku. 

Dalam keadaan tertentu untuk ketertiban dan kelancaran Lalu lintas maka petugas dapat melakukan tindakan seperti :
·       Memerintahkan penggunan jalan untuk jalan terus
·       Mempercepat arus lalu lintas 

Pengatur lalu lintas sendiri harus memperhatikan Lokasi yang strategis seperti di JL. Layang Kp.kongsi ini. Saya bertemu dengan seseorang pengatur lalu lintas yang ada di jalan tersebut, yang bernama Iqbal. Dia salah satu orang yang saya temui.

Iqbal ini lahir di Bekasi, 17 November 1992. Alamat ia sekarang di Jalan Layang Kp. Kongsi tidak jauh dari ia melakukan perkerjaannya itu sebagai Pengatur lalu Lintas. Iqbal berasal dari Cikarang. 

Penghasilan yang Iqbal terima Rp.80.000 perhari, lalu itu juga penghasilannya tidak nentu. Sistem bagi hasil yang di lakukannya itu satu hari ada 6 kelompok lalu dibagi-bagi satu kelompok terdiri dari 4 orang. Iqbal sendiri belum Menikah jadi penghasilan yang dia peroleh untuk kepentingannya sendiri.

Sistem kerja yang dilakukan setiap 3 jam sekali perkelompok jadi ganti-gantian seperti jam 7 sampai jam 9. Nah Iqbal kebagian jam 11.00 sampai jam 1.00.Iqbal menuju ke pertgaan jalan layang ia jalan kaki dari rumahnya karna jaraknya terlalu dekat jadi tidak menggunakan kendaraan.

Pendidikan iqbal hanya sampai tamat SMP. Ia tamat karena tidak mempunyai uang untuk sekolah. Lalu dia mecoba mencari perkerjaan untuk membantu orang tuanya. Karena nyaman berkerja jadi dia sampai sekarang tidak melanjutkan perkerjaannya.    Sebelum Iqbal menjadi pengatur lalu lintas, Iqbal berkerja di sebuah PT yang terdapat di daerah Cikarang.

Kesan yang di terima Iqbal sendiri yaitu ia memperoleh kesenangan dia sendiri karna dia belum menikah jadi dia belum mempunyai beban. Lalu dia juga membeli rokok dari penghasilan dia sehari-hari. Lalu Pesannya dia bersikap netral saja kepada semua orang.










Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog