Informasi Lengkap Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Gunakanlah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini untuk mengecek kosakata baku!
Buku Pelajaran Elektronik Online
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdiknas

Rabu, 01 Maret 2017

Teks Ulasan / Resensi Film Laskar Pelangi (Contoh 3)

 

Film ini diambil dari novel best seller yang ditulis oleh Andrea Hiratta. Film ini adalah film yang fenomenal dan sangat mengandung pembelajaran yang bararti. Film ini disutrdarai oleh Riri Reza. Seorang sutradara terkenal. Pemerannya pun anak-anak yang berbakat dari Belitung asli dan berkoolaborasi dengan 12 aktor terbaik Indonesia. 

Seting film lascar pelangi ini mengambil latar tahun 7oan. Cerita ini diawali dengan konflik yang menceritakan tentang sekolah di pedalaman. SD Muhamadiyah di Desa Gatong Belitung yang akan ditutup jika murit yang mendaftar disekolah itu tidak sampai 10 anak. Bu Muslimah dan Pak Harfan selaku kepala sekolah dan guru di SD Muhamadiyah serta 9 calan murit di SD Muhamadiyah sedang menunggu dengan cemas berharap ada 1 murit yang mendaftar. 

Setelah menunggu lama akhirnya seorang anak yang bernama Harun menyelamatkan SD Muhamadiyah. Walaupun Harun anak keterbelakangan mental namun bu Halimah dan pak Harfan serta 9 murit lainnya sangat senang dan menerima Harun dengan penuh kebahagiaan. Bu Muslimah adalah sosok guru yang penuh kelembutan dan tidak pernah pamrih. Buktinya saja tanpa bayaran pun Bu MUslimah merelakan menghabiskan waktunya dengan membagikan ilmunya kepada murit-muritnya. 

Walaupun sekolah dengan bangunan yang reot dan tua Bu Halimah dan 10 Muritnya sangat bersemangat bersekolah. Dengan semangat 10 muritnya yang semangat . Bu Muslimah memberikan mereka penghargaan dengan menjuluki mereka dengan nama “laskar pelangi” 10 anak tersebut bernama ikal, Lintang, Mahar, Syahdan, Trapani, Sahara, Kucai, A kiong, Borek dan Harun. 

Hari pertama mereka bersekolah di SD muhamadiyah menjadikan awal perkenalan yang indah dan berujung persahabatan yang sangat erat. Mereka pun mempunyai keunikan, karakter dan bakat yang berbeda-beda namun persahabatan mereka tetap tanguh dan erat. Semangat mereka untuk bersekolah sangatlah luar biasa. Setiap hari mereka menempuh jarak puluhan kilo untuk bisa sampai kesekolah. Ada yang berjalan kaki dan ada yang berjalan kaki. Padahal jalur yang mereka lalui sangat bahaya. 

Pernah ada seekor buaya yang menghalangi perjalanan nya ke sekolah. Dengan pengorbanan mereka seperti itu untuk memperoleh pendidikan sehingga mereka mempunyai impian-impian tentang masa depan yang tinggi bahkan mungkin secara logika pun impian itu hanya diangap khayalan tingkat tinggi. Dengan pejuang kecil di tengah kemiskinan dan ditutupnya SD Muhamadiyah. 

Kisah cerita yang indah terus berjalan dengan kejadian-kejadian yang menjadikan kenangan indah di SD Muhamadiyah, misalnya dengan menangnya Lintang salah satu murit yang sangat cerdas dalam lomba cerdas cermat dengan murit SD yang elit yang berada di kota. hal tersebut meruntuhkan pandangan salah satu guru yang mengajar di SD kota tersebut. Guru tersebut bernama Drs. Zulkifi Pandang an tu adalah beliau menganggap bahwa SD Muhamdiyah tidak akan menyagi pendidikan SD elit dan Kota. 

Namun nasib Lintang tidak semulus teman-temannya. Dia terpaksa meninggalkan sekolahnya karena ayah Lintang meninggal. Ia harus melnjutkan hidupnya dengan bekerja untuk menghidupi dirinya dan adek-adeknya . dan lascar pelangi sangatlah kehilangan dan sedih. Suatu hari ada murit cewek namun tomboy yang berasal dari latar belakang keluarga yang kaya. Ayahnya bekerja di sebuah perusahaan BUMN. Lascar bertambah personil. Menjadi 11 orang. 

Cerita film ini semakin penuh dengan tantangan setelah kedatangan Flo, nama murit kaya tersebut Akhir fim ini happy ending diceritakan bahwa Ikal salah satu murit lascar pelangi . yang sudah dewasa kembali ke tanah kelahiranya. Setelah mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk belajar di paris. Akhirnya impian Ikal sejak kecil terwujud. Ikal dari kecil bermimpi untuk belajar di prancis.. impian itu yang membawa Ikal slalu berjuang untuk mewujudkan impiannya. 

Pesan dan nilai yang disampaikan film ini sangatlah banyak. Salah satunya Di sisi nilai moral dan pendidikan dapat diambil dari cerita semangat anak-anak untuk sampai ke sekolah yang jauh dan bahaya. Dan juga perjuangan anak-anak laskar pelangi dalam memperjuangkan impian-impiannya. Selain itu pesan moralnya saat pelaksannaan ujian di SD PN Timah, SD elit di kota. SD yanganak-anaknya berpakaian bersih dan rapi berada di satu ruang dengan SD muhamadiyah yang perpakaian lusuh dan tidak bersepatu. 

Pihak SD PN Timah mengangap bahwa anak-anak tersebut tidak pantas berada disekolahnya. Mereka hanya melihat orang dari penampilan buka kualitas. Padahal kualitas ilmu sangatlah tinggi. Film ini menjadikan sebuah inspirasi generasi muda Indonesia. Bahwa sekolah dan mencari ilmu sangatlah penting dan harus diperjuangkan. Inspirasi ini tidak hanya dari golongan ekonomi menengah kebawah ataupun golongan ekonomi keatas. 

Untuk mencapai impiannya laskar pelangi yang dari keluarga yang sangat miskin dan tinggal di desa pelosok saja berjuang mati-matian.di era modern ini orang yang hanya bersekolah dengan faselitas yang berkualitas. Rugi besar jika menyia-nyiakannya Selain itu untuk anak-anak golongan ekonomi menenga kebawah mempunyai inspirasi untuk bersekolah dan mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi orang sukses. Menjadikan impian-impian itu adalah sebuah tantangan yang harus dicapai. 

Peran pemerintah pun sangat di butuhkan untuk masa depan generasi muda Indonesia untuk mencapai impian-impiannya. Pemeritah sebagai fasilitator penyedia faselitas pendukung. Misal membangun sekolah-sekolah di seluruh penjuru Indonesia sampau ke pelosok-pelosok. Dan mendatangkan guru-guru yang berkualitas dan professional. Sehingga generasi muda menjadikan dirinya sebagai manusia yang berkualitas. Dan bisa meneruskan generasi Indonesia sebagai manusia berkualitas dan berguna bagi Negara Republik Indonesia.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/hildasaadatinis/analisis-film-laskar-pelangi_5520599ea33311bd4646ce15




Sumber


0 Komentar:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Informasi Lain

Informasi Lain

Informasi yang Anda Cari

Cari Informasi Lain di Blog Basando:
 

google facebook twitter android apple microsoft download

google facebook twitter android apple microsoft download


Basando Plus Aneka Info

Terima Kasih atas kunjungan Anda.


DMCA.com


Cek Peringkat Alexa di sini atau di sini!
Cek Harga Blog di sini atau di sini!
Check your websites worth here or here!

Copyright 2009 - 2017 | BASANDO
Simple Bluewater Special Edition Template
created and designed by WHITE and REDesign of Abank Juki

google facebook twitter android apple microsoft download google facebook twitter android apple microsoft download google facebook twitter android apple microsoft download